HUMOR DI GRUP NERAKA EURO 2020: Dari Tumbangnya Sang Juara Bertahan Melawan Tim Dagelan, Hingga Sang Kuda Hitam yang Mampu Menahan Imbang Tim Bertabur Bintang

Oleh: Muhammad Miftahul Umam

Pertandingan yang sangat menarik tersaji di Grup F yang disebut sebagai Grup Neraka dalam pergelaran Piala Eropa atau Euro 2020 tahun ini. Memang, meskipun digelar pada tahun 2021, akan tetapi UEFA memutuskan untuk tidak mengubah nama pesta sepakbola eropa tersebut. Karena alasan Pandemi Covid-19, membuat pentas sepakbola empat tahunan tersebut akhirnya diundur dan baru dilaksanakan pada tahun 2021.

Alasan Grup F Euro 2020 tersebut disebut sebagai Grup Neraka, dikarenakan diisi oleh beberapa Tim tangguh, diantaranya Portugal, Perancis, dan Jerman yang merupakan semifinalis Euro tahun lalu (2016), serta Hungaria yang merupakan Tim Kuda Hitam pada pentas sepakbola eropa tahun ini.

Portugal merupakan sang juara bertahan Piala Eropa setelah pada pergelaran tahun lalu (2016) mampu mengalahkan Perancis di partai final. Oleh sebab itu, dalam pergelaran Euro tahun ini, Tim besutan Fernando Santos tersebut dianggap sebagai Tim tangguh dan dijagokan untuk kembali meraih juara dalam pergelaran tersebut.

Akan tetapi, hasil pertandingan yang cukup mengejutkan terjadi pada pertandingan kedua Portugal dalam penyisihan di Grup F, yakni saat melawan Jerman. Sang Juara Bertahan harus menelan kekalahan dengan skor yang cukup mencolok, yakni 2 vs 4 dari Tim yang pada Piala Dunia 2018 menjadi Tim Dagelan, karena tidak lolos dalam putaran final.

Jerman memang pantas disebut sebagai Tim Dagelan pada pergelaran Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Russia. Jerman yang merupakan peraih 4 (empat) kali gelar juara dalam Piala Dunia, serta peraih 3 (tiga) kali gelar juara dalam Piala Eropa harus rela takluk di hadapan Korea Selatan serta menempati posisi keempat Grup F, sehingga tidak lolos ke babak 16 besar pada pergelaran yang diselenggarakan di Russia tersebut.

Baca Juga:  Memohon Luput dari Buta Hati

Sementara itu, hasil yang mengejutkan juga terjadi pada pertandingan Perancis melawan Hungaria. Hungaria yang merupakan Sang Kuda Hitam mampu mengimbangi perlawanan dari Tim yang penuh dengan pemain bintang tersebut. Perancis memang memiliki banyak pemain bintang, diantaranya Kylian Mbappe, Karim Benzema, Paul Pogba, Ngo’lo Kante, Antoine Griezmann, Ousman Dembele, dll. Disamping itu, Perancis juga merupakan juara bertahan Piala Dunia (2018), serta Runner-up Piala Eropa tahun lalu (2016).

Kendati demikian, keempat Tim penghuni Grup Neraka tersebut masih memiliki peluang untuk melaju ke babak selanjutnya, yakni babak 16 besar. Setiap Tim masih menyisakan satu pertandingan di penyisihan Grup F, yang juga merupakan pertandingan penentuan. Perancis akan bersua Portugal, serta Jerman akan bersua dengan Hungaria pada hari Kamis, 24 Juni 2021, pukul 02.00 WIB. Maka dari itu, menarik untuk kita saksikan bersama akhir dari drama Grup Neraka di Piala Eropa 2020 ini.

Hallo Indonesia….!!!. adakah rencana lolos ke Piala Dunia…? Ah entahlah. Melawan Nguyen CS saja masih terseok-seok……

Penulis adalah Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada dan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang.

Related Posts

Latest Post