Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada Publikasikan Karya Ilmiah Melalui Jurnal

Semarang (1/11), Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada, saudara Siti Zakiyatul Fikriyah, Indra Dwi Jayanti, dan Siti Mu’awanah berhasil mempublikasikan karya ilmiah yang berjudul “Akulturasi Budaya Jawa Dan Ajaran Islam Dalam Tradisi Popokan”. Publikasi yang berhasil dilakukan oleh ketiga mahasantri tersebut melalui Jurnal Penelitian Budaya Volume 5 Nomor 2 (Oktober 2020) Hal 77-88.

Karya ilmiah ini membahas mengenai tradisi popokan (saling melempar lumpur)  di Dusun Sendang, Desa Sendang, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang. Tradisi yang didasari oleh kepercayaan masyarakat Desa Sendang dengan tradisi popokan yang didalamnya juga terdapat ziarah kubur dan doa-doa kepada Allah SWT. Tradisi Popokan dilaksanakan setiap tahun.

Siti Zakiyatul Fikriyah berharap bahwa karya ilmiah yang berhasil dipublikasikan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Sementara itu, Pengasuh Pesantren Riset Al-Muhtada, Dr. Dani Muhtada¬† mengatakan bahwa “Prestasi yang telah dicapai oleh mahasantri Siti Zakiyatul Fikriyah, Indra Dwi Jayanti, Siti Mu’awanah sangat membanggakan”.(DWK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *