Ketika Waktu Imsak Apakah Masih Bisa Makan Minum Atau Tidak? Ini Penjelasannya!

tetap makan setelah imsak
Gambar ilustrasi tetap makan setelah imsak (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Pada Bulan Ramadhan ini kita melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh sehingga waktu makan kita ada pada waktu sahur dan berbuka puasa saja.

Namun ada satu waktu yang mana pada waktu tersebut kita dapat mempersiapkan diri sebelum puasa. Nama waktu tersebut adalah waktu imsak yang mana waktunya berada diantara waktu sahur dan waktu shubuh.

Bisa dibilang waktu imsak sebagai sekat pemisah antara waktu sahur dan shubuh ketika bulan Ramadhan ini. Ia juga berperan sebagai penanda dimulainya waktu puasa bagi umat Islam. Sehingga waktu imsak ini memiliki jangka waktu yang sangat singkat.

Namun bagaimana umat Islam mengetahui waktu Imsak? Waktu Imsak adalah sitilah yang digunakan supaya umat Islam yang melakukan sahur dapat mengetahui kapan waktu puasa dimulai. Hal ini sesuai dengan arti dari imsak itu sendiri yang bermakna “menahan”.

Yang unik dari waktu imsak adalah istilah ini hanya digunakan oleh umat muslim yang ada di Indonesia saja. Karena diluar negeri seringkali umat Islam disana membatasi waktu dimulainya puasa dengan datangnya waktu shubuh.

Jadi bisa dibilang waktu imsak juga menjadi salah satu budaya khas Indonesia pada bulan Ramadhan ini. Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui apakah pada waktu imsak kita dapat makan dan minum.

Karena ada pertentangan terkait pernyataan tersebut dimana ada pendapat yang mengatakan hal itu tidak bisa dilakukan. Karena waktu tersebut mendekati waktu shubuh yang mana memikiki kemungkinan tinggi untuk batal puasa.

Baca Juga:  Perbaiki Puasa, Yuk Simak Rukun dan Syarat Wajibnya!

Tapi ada juga pendapat yang membolehkan untuk makan dan minum pada saat waktu imsak. Hal itu dikarenakan waktu dimulainya puasa itu sendiri adalah ketika adzan shubuh berkumandang. Sehingga kebanyakan ulama’ di Indonesia memperbolehkan seseorang untuk makan dan minum pada waktu Imsak.

Waktu Imsak juga bisa menjadi waktu bagi seseorang untuk melakukan sahur jika mereka telat bangun. Jika diibaratkan waktu Imsak ini seperti lampu kuning bagi umat muslim dimana mereka dapat makan minum.

Tapi mereka juga harus mempersiapkan diri karena waktu tersebut sangat dekat dengan waktu dimulainya puasa sehingga umat Islam harus berhati – hati dalam melakukan sesuatu pada waktu Imsak tersebut.[] Idha Fitri Nuril Layliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post