Penting untuk Diketahui! Inilah Cara Agar Selamat dari Godaan Dunia

Penting untuk Menghindari Godaan Dunia
Gambar Ilustrasi Penting untuk Menghindari Godaan Dunia (Pixabay.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Hallo sobat Almuhtada,  penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang dapat membuat diri kita selamat dari godaan dunia. Allah SWT telah memperingatkan kita bahwa kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan yang menipu.

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan, dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkn para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian hancur. Dan di akhirat nanti ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS. Al Hadid:20)

Coba Anda perhatikan kembali makna ayat di atas! Dunia hanyalah kesenangan yang menipu. Sungguh rugilah orang-orang yang mencintai dunia yang sifatnya fana ini. Lalu, bagaimana cara agar kita tidak termasuk orang-orang yang mencintai dunia? Yuk temukan jawabannya pada pembahasan di bawah ini ya!

Pada dasarnya orang-orang yang mencintai dunia itu memiliki ciri-ciri tertentu yaitu diperbudak oleh apa yang dicintainya itu, takut kehilangan, kebutuhan yang tiada pernah tercukupi, panjang angan-angan, diperbudak dengan kesibukan dan dilanda kebingungan yang tiada ujungnya.

Ciri pertama orang yang mencintai dunia itu diperbudak oleh apa yang dicintainya. Orang seperti ini akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Ia tidak peduli dengan halal haram, tidak peduli dengan mana yang Allah cintai dan Allah murkai. Nah, jika kita tidak ingin termasuk dari bagian orang seperti ini, jelas kita harus peduli dengan aturan yang Allah tetapkan.

Baca Juga:  Pandailah Bergaul dalam Memilih Teman dan Tipsnya Menurut Kitab Ta'limul Muta'allim

Kemudian, cara agar kita selamat dari godaan dunia ialah dengan menerima kenyataan dan tidak takut kehilangan. Ada suatu momen dimana kita akan kehilangan sesuatu misalnya kehilangan jabatan. Nah, hal itu harus kita sadari bahwa kehidupan di dunia ini sifatnya terbatas. Jangan sandarkan kedudukan, kemudahan, kekayaan hingga begitu nyaman dan merasa takut kehilangan lalu melupakan Tuhan. Ingatlah segala yang kita miliki hanyalah titipan dari Allah SWT dan kelak akan dimintai pertanggungjawaban.

Berikutnya cara agar kita selamat dari godaan dunia adalah perbanyak bersyukur dan berusaha menjadi orang yang bertakwa. Allah SWT berfirman dalam Q.S. Ath Thalaq ayat 3 yang artinya, “… Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya….” Kita harus ingat bahwa hanya Allah yang mencukupi segala kebutuhan kita, kitalah yang harus mendekat kepada pemilik segalanya.

Jika kita ingin selamat dari godaan dunia, kita tidak boleh berangan-angan panjang. Orang yang cinta dunia biasanya tidak pernah puas atas apa yang dimilikinya dan memikirkan terus-menerus apa yang tidak ada. Angan-angan panjang dapat menjauhkan seseorang untuk bersikap syukur dan mudah terjerumus pada sifat kufur.

Lalu, cara lain agar kita selamat dari godaan dunia yaitu dengan terus meminta petunjuk kepada Allah SWT. Kita juga harus mendahulukan Allah di atas segala-galanya agar kita dibimbing oleh Allah SWT. Jangan sampai kita diperbudak oleh kesibukan sehingga tidak punya waktu untuk tilawah Al-Qur’an, shalat ditunda-tunda atau sekalinya shalat dilakukan secara terburu-buru. Hal itu tidaklah dibenarkan, jika hal tersebut benar-benar terjadi maka perlu diwaspadai karena mungkin saja sudah terperangkat dengan godaan dunia yang sifatnya sementara.

Baca Juga:  Mengenal Musawah dan Prinsipnya dalam Ajaran Islam

Terakhir, cara agar kita selamat dari godaan dunia adalah dengan senantiasa mengingat bahwa segala yang ada merupakan titipan Allah. Dunia dengan segala keindahannya mampu memabukkan bagi orang yang tidak berpegang teguh pada Allah SWT. Ingat bahwa hanyalah amal-amal baik yang berarti bagi kehidupan kita.

Itulah cara-cara agar kita selamat dari godaan dunia. Semoga Allah SWT memberikan rahmat bagi kita dan melindungi kita dari godaan yang dapat menjauhkan kita dari-Nya. [] Raudhatul Jannah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post