Luar Sekolah: Inilah 4 Keterampilan Kepemimpinan yang Harus Dimiliki Seorang Leader, Check This Out!

Mengasah Keterampilan Seorang Leader
Gambar Ilustrasi Mengasah Keterampilan Seorang Leader (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Hallo sobat almuhtada, pada dasarnya semua orang berhak dan bisa menjadi seorang leader yaitu seseorang yang memiliki peran kepemimpinan dalam mempengaruhi atau mengarahkan orang lain untuk melakukan hal-hal tertentu.

Ingat bahwa setiap yang dilakukan oleh seorang pemimpin itu akan dimintai pertanggungjawabannya. So, penting bagi kita untuk mempelajari keterampilan-keterampilan yang seharusnya melekat pada seorang pemimpin.

Mengutip dari akun Instagram @luarsekolah ternyata seorang pemimpin itu harus memiliki keterampilan-keterampilan yang perlu dilatih dan terus menerus dipelajari lho.

Berikut ini 4 kunci keterampilan yang perlu dilatih dan terus menerus dipelajari, oleh seorang pemimpin, check this out!

  1. Humanity

Humanity berarti kemanusiaan. Kemanusiaa diartikan sebagai sebuah sifat yang seharusnya dimiliki oleh setiap manusia yang berada di muka bumi ini. Penerapan Humanity ini dapat diwujudkan dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan seperti saling mengasihi dan menyayangi serta tidak berbuat semena-mena dengan orang lain.

Keberanian dalam membela kebenaran dan keadilan secara bijak juga bagian dari wujud Humanity yang perlu dilatih. Seorang pemimpin yang memiliki empati tinggi, tulus dalam bertindak dan fokus berpihak pada kebenaran juga bagian dari wujud Humanity.

Pemimpin yang memiliki keterampilan Humanity tinggi akan menghadirkan kedamaian dan tentu akan ada banyak hal baik-baik juga yang datang. Orang-orang berada di bawah kepemimpinannya juga akan merasakan kebahagiaan.

  1. Hope
Baca Juga:  Gaya Kepemimpinan Khalifah Utsman Bin Affan

Kata Hope artinya adalah harapan. Seorang pemimpin tidak boleh kehilangan harapan. Ketika seseorang memiliki harapan tentu akan menimbulkan motivasi tersendiri sehingga tergerak untuk mewujudkan sesuatu apa yang menjadi harapan atau keinginannya.

Keterampilan seorang pemimpin dalam meyakini suatu harapan dapat terlihat jelas saat ketika ia menghadapi situasi sulit, apakah ia akan tegas pada keyakinannya atau tidak.

Seorang Leader harus berlatih dan belajar bijak menghadapi situasi-situasi sulit agar ketika dihadapkan problem, pemimpin tidak mudah menyerah dan terus berpegang teguh untuk mewujudkan apa yang telah menjadi sebuah harapan.

  1. Humor

Keterampilan untuk membangkitkan rasa gembira alias humor perlu dilatih lho.  Seorang Leader hendaknya mempelajari bahasa yang melahirkan suatu pikiran baik melalui kata-kata atau lainnya sehingga menimbulkan simpati dan hiburan.

Seorang leader yang bisa rileks, fun, dan di waktu yang tepat tentu membutuhkan latihan dan belajar berkali-kali. Menciptakan tim yang hidup dan gak kaku tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seorang leader.

Seorang pemimpin yang humoris akan membawa keceriaan dan membangun hubungan yang baik dengan publik. Ketika leader mampu menunjukkan keterampilan humornya maka besar kemungkinan partner kerjanya semakin respect.

  1. Humility

Pada hadist yang diriwayatkan oleh Muslim nomor 6535 dijelaskan bahwa, “Tiada satu pun karunia yang diperoleh seseorang yang bersikap tawadhu kepada Allah kecuali Allah meninggikan derajatnya”.

Humalit diartikan sebagai tawadhu, kesederhanaan, tidak berpura-pura, tidak menganggap diri sendiri lebih baik daripada orang lain. Leader yang demikian akan mudah mencapai tujuan, kemampuan mengorganisir dan berkomunikasi dengan banyak orang jauh lebih baik dan ahli problem solver.

Keterampilan yang demikian perlu dilatih dan dipelajari mulai dengan hal sederhana seperti mau mendengarkan dan menghargai perbedaan. Adanya Humality akan membuat seseorang mampu dihargai dalam segala aspek, mudah beradaptasi serta memiliki hubungan relasi yang positif dengan yang lain.

Baca Juga:  Kegiatan Islami yang Mencerminkan Kebajikan dan Kepedulian

Sikap Humality kepada sesama dan pencipta perlu untuk dimiliki oleh seorang leader agar kedamaian dan kesejahteraan selalu membersamai.

Nah, itulah 4 kunci keterampilan yang perlu dilatih dan dipelajari oleh seorang leader. Tentu masih banyak keterampilan lain yang perlu dikembangkan. Meskipun tidak dibahas banyak dalam artikel ini, semoga ada hal bermanfaat yang bisa diambil dan menambah wawasan kita bersama ya!. [] Raudhatul Jannah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post