Keistimewaan Ikhlas: Berat, Namun Memiliki Segudang Manfaat

Berbagai Manfaat dari Ikhlas
Gambar Ilustrasi Berbagai Manfaat dari Ikhlas (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Secara teori Ikhlas adalah tidak mengharapkan apapun itu kecuali ridho Allah. Namun kenyataannya dalam praktiknya ikhlas tidak semudah itu. Ikhlas sendiri membutuhkan perjuangan yang berat.

Bagaimana kita berjuang melawan riya’, Melawan ujub, melawan keinginan keinginan duniawi. Ini tidak mudah

seorang sufi besar dari Mesir, Syekh Dzunnun al Misri, dalam Risalah al Qusyairiyah; mendefinisikan ikhlas secara aplikatif demikian:

ثلا ث من علا ما ت الاخلاص : إستوالمدح والذ م من العامة , ونسيا ن رؤ ية العمل فى الا عما ل ونسيا ن إعتضا ء ثواب العمل فى الا خرة

Artinya; “ Ada tiga tanda keikhlasan seseorang: jika ia menganggap pujian dan celaan orang sama saja, jika ia melupakan pekerjaan baiknya kepada orang lain, dan jika ia lupa hak kerja baiknya untuk memperoleh pahala di akhirat” .

Selain itu pengertian ikhlas sendiri menurut abu utsman adalah

“Ikhlas ialah, melupakan pandangan makhluk, dengan selalu melihat kepada pendangan Khaliq (Allah)”. (Abu ‘Utsman)

Keikhlasan ini bukan hal yang mudah. Ikhlas itu berat, Menurut Uwais al qarni, ada 2 hal yang sulit di obati yaitu mengobati hati dan mengobati niat.

Kita harus benar benar memperhatikan masalah hati yaitu masalah keikhlasan.  Karena ketika kita tidak ikhlas melakukan suatu hal maka amal kita juga akan sia sia dan tidak diterima Allah SWT.

Baca Juga:  Ajaran Rasulullah tentang Cara Melunakkan Kerasnya Hati

Ikhlas itu berat. Kita harus selalu mengusahakan dan memperbaikinya. Jika kita benar benar bisa mengusahakan ikhlas ini, kita akan mendapatkan manfaat yang besar sekali. Ikhlas itu sangat istimewa karena untuk melakukannya berat namun banyak manfaat yang didapat ketika kita mampu menaklukannya.  Lantas apa saja manfaat dan keutamaan dari ikhlas?

  1. Allah akan menjadikan amalan amalan kita sangat besar keberkahannya.

Ikhlas yang dilakukan semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah tanpa adanya motif atau kepentingan pribadi, Allah akan memberikan keberkahan yang luar biasa pada amalan tersebut.

Keberkahan amalan yang dihasilkan dari ikhlas tidak hanya terbatas pada aspek ibadah ritual, tetapi juga mencakup keberkahan dalam hidup sehari-hari.

Allah menjadikan setiap langkah dan tindakan yang dilakukan dengan ikhlas sebagai sumber berkah yang mengalir dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Ikhlas menjadikan kita di cintai oleh Allah

Ikhlas merupakan tindakan yang dilihat oleh Allah dengan penuh kasih sayang. Dengan ikhlas, seseorang dianggap mulia di sisi Allah dan dapat mencapai derajat keberkahan yang tinggi.

  1. Mendapatkan Ketenangan hati dan jiwa.

Ikhlas membawa kedamaian dan ketenangan hati. Dengan melepaskan diri dari ikatan dunia materi dan nafsu, seseorang dapat menemukan kedamaian yang sejati dalam dirinya.

  1. Menjadikan kita sebagai manusia pemaaf

Ikhlas membantu seseorang untuk melepaskan dendam dan kebencian. Dengan sikap ikhlas, manusia dapat menjadi lebih pemaaf, memaafkan kesalahan orang lain, dan menjaga hubungan harmonis dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Keutamaan Berprasangka Baik yang Wajib Diketahui

Mencapai keikhlasan dalam kehidupan adalah perjalanan yang mungkin penuh tantangan, namun pahala yang diperoleh dari ikhlas akan jauh lebih besar.Untuk itu marilah kita semua berusaha dan selalu memperbaiki diri agar bisa menjadi hamba yang ikhlas dan mendapatkan keberkahan dari Allah akibat buah dari keikhlasan kita. [] Fitri Novita Sari

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post