Beberapa Amalan yang Dilakukan Rasululloh Sebelum Tidur

Amalan Rasulullah Sebelum Tidur
Gambar Ilustrasi Amalan Rasulullah Sebelum Tidur (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Nah disini pernahkah kita berpikir bahwa apa sih yang perlu kita lakukan sebelum tidur yang mendapatkah pahala? Apakah sekarang ini kita juga melakukan amalan Rosul? Pasti sudah penasaran bangetkan. Berikut ada beberapa sunnah atau amalan yang bisa kamu contoh dari perilaku rosul.

  1. Berwudhu sebelum akan tidur

Kita berwudhu tidak hanya saat akan melaksanakan sholat, beribadah atau membaca Al-Qur’an saja, akan tetapi sebelum kita tidur juga menjadi sunnah bahkan Rosululloh menberi contoh untuk selalu menjaga wudhu didalam hidup kita.

  1. Membaca Ayat Kursi

Dengan membaca ayat kursi tentunya hati kita akan merasa lebih tenang. Kita bisa meminta perlindungan dan keamanan kepada Allah, dan pastinya Allah juga akan melindungi hambanya disetiap keadaan atau kesulitan yang sedang dihadapi

Ayat kursi juga bisa melindungi kita dari berbagai gangguan setan atau makhluk halus yang akan menggangu atau Nampak didepan kita.

Terdapat HR. Bukhori yang menerangkan manfaat membaca ayat kursi.

فَذَكَرَ الْحَدِيثَ فَقَالَ إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ ، وَلاَ يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya: “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syaitan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi,” (HR. Bukhari).

  1. Membaca surah Al-Mu’awwidzat
Baca Juga:  Mari Lakukan Amalan secara Itqan, Karena Allah Swt Menyukainya

Surat Al-Mu’awwidzat adalah surah yang terdiri dari surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Nabi Muhammad bersabda,”Barang siapa yang hendak tidur dipembaringannya, lalu ia menghadap sebelah kanan sambil membaca surah Al-Ikhlas sebanyak serratus kali, pada hari kiamat nanti Allah akan berseru kepadanya,’wahai hamabku, masuklah kedalam surga dari siis kananmu”

  1. Memperbanyak dzikir

Rasululloh selalu berdzikir dimanapun berada, bahkan setiap saat dan waktu nabi selalu ingat dan bertakbir kepada Allah. Bahkan saat sebelum tidurnya, nabi tetap memuji dan berdzikir Allah. Nah dari amalan yang dilakukan nabi tersebut, kitab isa mencotoh perilaku mabi tersebut. Tentunya berdzikir tidak harus banyak akan tetapi yang paling penting adalah ke istiqomahan didalam kita melaksanakan sunnahnya.

  1. Membaca doa sebelum tidur

Sebelum kita tidur hendaknya kita tidak lupa untuk membaca doa sebelum tidur. Doa sebelum tidur yaitu:

بسمك اللهم احيا واموت

Artinya: Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati.

Diharapkan dengan kita membaca doa sebelum tidur, kita berserah diri kepada Allah SWT. Dengan segala ketentuannya. Menyerahkan hidup dan matinya kepada Allah tuhan sang pencipta.

  1. Tidur menghadap kanan

Nah tidur hanya sekedar tidur pun ada kesunnahannya, tidak sekedar tidur saja. Saat tidur kita disunnahkan untuk emnghadap kekanan. Kare otak bagian kiri yang mempersarafi semua aktivitas organ tubuh yang bagian kanan akaan terhindar oleh bahaya yang muncul karena sirkulasi lambat saat tidur atau terdiam. [] Berliana Salwa Auliya

Baca Juga:  Jarang Diketahui! inilah Penyempurnaan Wudhu ala Rasulullah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post