Mengapa Pendidikan dalam Islam Itu Penting?

Pentingnya Pendidikan Menurut Islam
Gambar Ilustrasi Pentingnya Pendidikan Menurut Islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Pendidikan menjadi alat seorang muslim dalam mencapai pengetahuan, pemahaman, dan kebijaksanaan sebagai khalifah di muka bumi.

Sebagai seorang muslim, bukan hanya mendorong untuk mencari ilmu, namun juga berkewajiban dalam menempatkan pendidikan sebagai utama. Dalam surah al-Mujadilah ayat 11 dijelaskan bahwa:

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قِيْلَ لَـكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَا فْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَـكُمْ ۚ وَاِ ذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَا نْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ ۙ وَا لَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan didalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Dari ayat diatas Allah memerintahkan kepada umat muslim untuk menghindari perbuatan bisik – bisik karena takut menimbulkan rasa iri terhadap sesama. Selain itu juga dimaknai bahwa Allah akan mengangkat derajat bagi orang yang beriman dan berilmu di dunia maupun di akhirat.

Menuntut ilmu dalam pendidikan pada hakikatnya itu sangat melelahkan. Maka dari itu, siapapun yang melakukan hal tersebut dianggap sama sedang berjihad di jalan Allah.

Rasulullah SAW bersabda “mencari ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim baik laki-laki ataupun perempuan”. Pesan tersebut menegaskan bahwa setiap muslim memiliki hak dan kewajiban dalam mencari ilmu pengetahuan.

Baca Juga:  Inilah Keutamaan Hadir dalam Majelis Ilmu

Menjadi muslim yang berilmu, tidak akan membuat pribadi menjadi rugi. Semua jalan akan diatur dan dipermudah oleh Allah SWT.

Dengan adanya ilmu ini menjadi suatu warisan pada saat masih di dunia maupun di akhirat kelak. Dalam hadist riwayat muslim dijelaskan “Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shalih yang berdoa untuknya.”

Dari hadist diatas juga dapat disimpulkan bahwa menjadi muslim yang berpendidikan memam sangat penting. Namun juga, bukan hanya memiliki suatu ilmu pengetahuan, tetapi juga setiap muslim diharapkan juga menerapkannya secara tepat dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan tersebut nantinya akan menjadikan seseorang bertanggung jawab, jujur, dan adil dalam segala hal. Dengan demikian, pendidikan bukan hanya kegiatan berakal namun juga bentuk ibadah dan kewajiban moral. Pendidikan juga menjadi sarana dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. [] Neha Puspita

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post