4 Syarat Diterimanya Amalan Seorang Muslim Oleh Allah SWT, Jangan Sampai Amalan Kamu Sia – Sia!

Syarat Diterimanya Sebuah Amalan
Gambar Ilustrasi Syarat Diterimanya Sebuah Amalan (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Setiap muslim akan melakukan berbagai amalan maupun ibadah dalam kehidupan sehari – hari mereka. Contohnya seperti sholat, zakat, puasa, sedekah, dsb yang mana telah menjadi syariat dalam agama islam.

Ibadah – ibadah tersebut juga memiliki dalil yang kuat dari Al Quran maupun hadits. Karena itu mayoritas umat islam didunia akan melakukan ibadah – ibadah tersebut.

Ibadah tersebut menjadi suatu amalan bagi umat islam yang mana amalan tersebut dapat dianggap sebagai pahala mereka.

Siapa umat islam yang tidak ingin memiliki pahala berlimpah? Karena dengan pahala yang berlimpah umat islam akan dijanjikan untuk masuk surga di akhirat kelak. Maka tak heran jika mereka akan melakukan banyak ibadah demi menjadikan hal tersebut sebagai investasi akhirat kelak.

Namun amalan yang harus dilakukan agar mereka bisa masuk surga adalah amalan mereka harus diterima oleh Allah SWT.  Nah syarat dari diterimanya suatu amalan oleh Allah SWT itu setidaknya harus memiliki 4 syarat dibawah ini.

Jika tidak maka bisa jadi amalan mereka tidak dapat diterima atau bahkan malah dianggap sebagai suatu dosa. Lalu apa saja 4 syarat tersebut? Ini rinciannya :

  1. Iman

Seorang muslim haruslah memiliki iman yang kuat didalam hati mereka supaya dapat menjadi muslim yang baik. Keimanan inilah yang membuat amalan yang mereka lakukan dapat diterima oleh Allah SWT.  Jika mereka tidak memiliki iman sedikitpun didalam hati mereka, maka segala kebaikan yang dilakukan oleh mereka akan sia – sia dihadapan Allah SWT.

  1. Niat
Baca Juga:  Sudahkah Kita Bersujud dengan Benar? Berikut yang Perlu Diperhatikan

Suatu perbuatan yang dilakukan oleh manusia pasti akan didasari oleh niat didalam hati mereka. Karena itu baik dan buruk manusia dapat kita lihat dari niat yang mereka miliki pada orang lain.

Niat jugalah yang menjadi penentu apakah amalan kamu dapat diterima oleh Allah SWT atau malah mendapatkan kemurkaan – Nya. Jika amalan kita ingin baik maka akan dianggap sebagai pahala tapi jika kau tidak memiliki niat yang baik maka hal buruk dapat terjadi padamu.

  1. Ilmu

Ilmu adalah salah satu hal penting yang dilakukan ketika seseorang melakukan suatu amalan. Ilmu sangatlah penting karena kita menggunakan ilmu untuk hidup dengan berbagai aktivitasnya  Ilmu yang dimiliki adalah salah satn hal yang harus kamu amalkan ketika berbuat sesuatu. Sehingga amalan kamu akan lebih terarah dan tidak ke arah yang salah bahkan tersesat.

  1. Ikhlas

Yang paling terakhir adalah ikhlas yang mana seseorang akan merasa tulus dalam melakukan sesuatu. Hal ini juga cukup sulit untuk dilakukan karena kebanyakan orang hanya akan melakukan sesuatu dengan tujuan tersendiri. Tapi jika seseorang ikhlas dalam melakukan sesuatu maka insyaallah amalan kita dapat diterima oleh Allah SWT.

Demikian 4 syarat amalan yang dapat diterima oleh Allah SWT, semoga bermanfaat [] Idha Fitri Nuril Layliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post