Wajib Diketahui, Inilah Keutamaan Sholat Tahajud

Keutamaan Melaksanakan Sholat Tahajud
Gambar Ilustrasi Keutamaan Melaksanakan Sholat Tahajud (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Umat Islam memiliki kewajiban menjalankan sholat lima waktu yang disebut dengan sholat fardhu. Sholat fardhu merupakan kebutuhan bagi tiap umat Islam. Dengan sholat fardhu otak manusia akan ter-refresh lagi, sehingga mampu menghilangkan beban pikiran yang memberatkan manusia

Namun, sebagai umat Islam tentu tidak mau merugi jika mengetahui ada sholat Sunnah  yang jika dilakukan dapat menebus dosa dan menghindarkan dari penyakit. Yapps betul, sholat tersebut adalah sholat tahajud. Keutamaan melaksanakan sholat tahajud disabdakan Rasulullah :

“Laksanakanlah sholat malam, sebab sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang saleh sebelum kamu dahulu, (sholat tahajud) juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, (sholat tahajud) juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindari penyakit badan.”

Sholat tahajud adalah sholat malam, dilakukan setelah sholat isya’, dan sesudah tidur (walau sejenak). Sholat tahajud dapat dilakukan 2,4,6,8 rokaat dengan salam setiap 2 rokaat. Sholat tahajud biasanya di akhiri dengan sholat witir 3 rokaat

Pensyarah kitab Riyadhus Shalihin, Musthafa Dib al-Bugha dkk, mengatakan bahwa sholat Tahajud 2 rakaat lalu ditutup dengan satu rakaat (Witir) adalah yang paling utama. Sebab, kata dia, hal itu merupakan perkara yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Berdoa setelah sholat tahajud merupakan doa yang mustajab karena  sholat tahajud dilaksanakan di sepertiga malam terakhir. Seperti yang kita ketahui sepertiga malam terakhir merupakan salah satu waktu mustajab berdoa.

Baca Juga:  Mengenal Keutamaan dan Amalan di Bulan Rajab

Melaksanakan sholat tahajud mampu mendekatkan diri kepada Allah serta mempertebal keimanan kita kepada Allah.  Meniatkan diri untuk melaksanakan sholat tahajud sebelum tidur juga ada pahala-nya sendiri meskipun nantinya kita tidak terbangun untuk sholat. Hal tersebut membuktikan bahwa sholat tahajud adalah sholat yang istimewa. Ditengah semua orang tengah kelap dengan tidurnya, kemudian kita bangun, mengambil wudhu, melaksanakan sholat minimal 2 rokaat, kemudian berdoa dengan khusyuk niscaya dapat menenangkan hati kita.

Dari pernyataan diatas adalah secuil keutamaan melaksanakan sholat tahajud. Dalam melaksanakan sholat niatkan ikhlas karena Allah, niscaya Allah SWT akan memberikan balasan yang sesuai. Semoga kita semua dapat istiqamah dalam menjalankan kewajiban, Istiqomah dalam berbuat kebaikan, serta istiqamah dalam menjauhi larangan. [] Laili Mukrimatin

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post