7 Tips Hidup Bahagia Menurut Islam

Kebahagiaan hidup menurut islam
Gambar ilustrasi kebahagiaan hidup menurut islam (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Memiliki hidup yang bahagia merupakan impian semua orang, setiap orang yang hidup di muka bumi ini, ingin memiliki hidup yang Bahagia, aman, tentram dan damai. Namun, setiap orang mendefinisikan hidup Bahagia dengan cara yang berbeda – beda.

Ada yang menganggap bahwa hidup Bahagia adalah ketika memiliki harta yang melimpah, jabatan yang tinggi, populer, dan lain sebagainya.

Namun kenyataannya, tidak sedikit orang kaya, par pejabat, artis – artis yang memilih mengakhiri hidupnya karena tidak Bahagia dengan hidup yang dijalaninya. Artinya, kebahagiaan hidup tidak selalu berbanding lurus dengan harta yang banyak, jabatan yang tinggi, popularitas, dan lain sebagainya.

Bisa jadi, mereka yang memiliki harta yang kurang, jabatan yang rendah, tidak popular merupakan orang yang Bahagia hidupnya. Lantas, bagaimana caranya agar hidup Bahagia menurut pandangan Islam? Berikut ini 7 tips hidup Bahagia menurut pandangan islam dari Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.

  1. Mengiklaskan Ibadah kepada Allah

Ketika seorang hamba beribadah dengan niat tulus, ikhlas karena Allah SWT. Untuk mengharapkan ridho-Nya, maka Allah SWT akan menjamin kebahagiaan dalam kehidupannya.

  1. Ciptakan Surga di Rumah

Ketika engkau membangun rumah, maka ciptakan surga didalamnya. Agar ketika engkau ataupun orang lain berkunjung akan merasa nyaman dan Bahagia dan ingin berlama – lama didalamnya. Surga disini artinya menciptakan suasana yang nyaman dan damai.

  1. Sering Berdzikir kepada Allah
Baca Juga:  Tips Membangun Kepercayaan Diri, Langkah Praktis Berdasarkan Perspektif Islam

Orang yang membiasakan lisan dan hatinya berdzikir kepada Allah SWT. Maka ia akan terus menghidupkan Allah didalam hatinya. Maka Allah SWT akan membalasnya dengan kebahagiaan serta kebaikan – kebaikan didalam hidupnya.

Sehingga orang yang senantiasa mengingat Allah dengan berdzikir maka akan hidupnya akan selalu dipenuhi dengan keberkahan dan kebahagiaan.

  1. Qona’ah

Qona’ah artinya selalu menerima segala takdir Allah dengan lapang dada. Hal ini dapat dilakukan dengan cara selalu bersyukur atas segala takdir yang Allah gariskan kepada hambanya. Yakinlah bahwa takdir yang telah digariskan oleh-Nya merupakan takdir terbaik untuk kita sebagai umatnya.

Selalu tengoklah orang – orang yang kehidupannya lebih sulit dari kita, jangan selalu membandingkan kehidupan kita dengan orang yang kaya dan bergelimang harta. Maka hal itu akan menyebabkan kita kufur akan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

  1. Memperbanyak Istighfar

Orang yang memperbanyak istighar maka akan merasakan ketenangan dalam hatinya serta kebahagiaan yang tidak dirasakan oleh orang – orang yang jarang beristighfar. Orang yang memperbanyak beristighaf maka dosa – dosanya akan diampuni oleh Allah, dan do’anya akan lebih cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

  1. Mudah Memaafkan

Orang yang mudah memaafkan maka tidak ada demdam didalam hatinya. Hatinya akan selalu lapang dan hidupnya akan bahagia. Orang yang mudah memaafkan tahu bahwa memendam amarah dan dendam bukanlah cara yang baik untuk menyelesaikan masalah. Mereka tahu bahwa memaafkan lebih baik dan Allah adalah sebaik – baik pemberi balasan.

  1. Membantu Orang Lain
Baca Juga:  Patut Diteladani! Ini Dia Cara Rasulullah SAW Menyeimbangkan Bekerja dan Beristirahat dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang yang membantu sesama dikala kesusahan maka Allah akan memberikan kemudahan dalam kehidupannya. Barangsiapa yang telah Allah beri kemudahan dalam kehidupannya maka ia akan bahagia dalam hidupnya. [] Aulia Cassanova

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post