Keutamaan dan Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur

Keutamaan berwudhu sebelum tidur
Gambar ilustrasi berwudhu sebelum tidur (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Berwudhu sebelum tidur merupakan salah satu amalan yang senantiasa dilakukan oleh Rasulullah SAW. Pada masa sekarang, amalan tersebut berubah menjadi sunnah Rasul sehingga banyak umat muslim yang mengerjakan amalan sunnah tersebut untuk mendapatkan pahala serta keutamaan dari wudhu sebeleum tidur.

Lantas, apa saja keutamaan dari berwudhu sebelum tidur ? Berikut penjelasan mengenai keutamaan yang terkandung dalam amalan berwudhu sebelum tidur.

Salah satu keutamaan yang paling utama dari amalan berwudhu sebelum tidur disebutkan dalam salah satu hadist yang menyatakan bahwa malaikat akan mendoakan seseorang yang tidur dalam keadaan suci (sesudah berwudhu). Hal tersebut diterangkan dalam hadist yang berasal dari Ibnu Umar R.A., Rasulullah SAW. bersabda,

مَنْ بَات طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظُ إِلَّا قَالَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فَلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya: “Barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan tetap mengikuti, kemudian pada saat ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap “Ya Allah ampunilah hamba-Mu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.'” (H.R. Ibnu Hibban)

Seperti yang kita tahu bahwa malaikat merupakan makhluk Allah SWT. yang paling patuh dan taat kepada segala perintah-Nya. Hal tersebut menjadi alasan yang cukup untuk menyimpulkan bahwa segala doa yang diucapkan oleh malaikat bersifat mustajab (doa yang dikabulkan oleh Allah SWT)

Selain itu, doa yang diucapkan oleh seseorang yang bangun dari tidurnya dalam keadaan suci juga bersifat mustajab (doa yang dikabulkan oleh Allah SWT).

Baca Juga:  Sudahkah Lebih Baik Mengelola Waktu?

Seperti yang tercantum pada hadist Riwayat Abu Dawud, dari Muadz bin Jabal RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tidaklah seorang muslim bermalam dalam keadaan berdzikir kepada Allah dan dalam keadaan suci, lalu ia bangun pada suatu malam dan berdoa memohon kebaikan dunia atau akhirat kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkan permintaannya.” (H.R. Abu  Dawud)

Keutamaan lain dari amalan berwudhu sebelum tidur adalah mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang selama ini telah diperbuat.

Dalam hadist riwayat Abu Hurairah R.A. Rasulullah SAW. bersabda, “Jika seorang Muslim atau Mukmin berwudhu, lalu membasuh wajahnya, maka keluarlah dari wajahnya setiap dosa akibat pandangan kedua matanya bersamaan dengan air, atau bersama dengan tetesan air terakhir. Lalu jika ia membasuh kedua tangannya, keluarlah setiap dosa akibat kekerasan yang dilakukan kedua tangannya bersamaan dengan air, atau bersama dengan tetesan air yang terakhir. Lalu jika ia membasuh kedua kaki, keluarlah setiap dosa akibat langkah kedua kakinya bersamaan dengan air, atau bersama tetesan air terakhir, hingga ia keluar (dari wudhu) bersih dari dosa.” (H.R. Abu Hurairah R.A.)

Selain keutamaan-keutamaan tersebut, mulai dari mendapatkan doa dari malaikat, mendapatkan ampunan atas dosa yang telah diperbuat sebelumnya, maupun menjadikan doa yang diucapkan menjadi mustajab, terdapat manfaat dari berwudhu sebelum tidur. Hal tersebut dijelaskan oleh Rizem Aizid dalam buku Mukjizat 13 Sunnah Harian Nabi. Menurut buku tersebut, manfaat dari menjaga wudhu sebelum tidur meliputi :

Baca Juga:  Waktu - Waktu yang Disunahkan dan Dilarang menggunakan Parfum dalam Islam

Pertama, ketika seseorang berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur maka hal tersebut dapat merilekskan otot-otot sebelum beristirahat. Meskipun tidak terlalu banyak penjelasan mengenai hal ini, namun dalam ilmu kedokteran dijelaskan bahwa percikan air yang disebabkan karena wudhu merupakan suatu metode atau cara mengendurkan otot-otot yang kaku karena lelah akibat aktivitas yang berat.

Kedua, wudhu dapat mencerahkan kulit wajah. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena dengan berwudhu berarti menghilangkan noda dan kotoran yang menempel pada kulit wajah.

Selain itu, Rasulullah SAW. juga pernah bersabda bahwa kelak di hari kiamat umatnya akan dipanggil dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki bercahaya akibat bekas wudhu (dikutip dari H.R. Bukhari dan Muslim)

Ketiga, akan didoakan malaikat yang akan senantiasa memberikan doa perlindungan kepada umat muslim. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW, yang disebutkan dalam shahihain dari sahabat al-Bara’bin Azib R.A.

Selain keutamaan dan manfaat dari berwudhu sebelum tidur, masih terdapat banyak sekali keutamaan serta manfaat lainnya yang tidak disebutkan dalam artikel ini.

Berdasarkan uraian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa amalan sunnah berupa berwudhu sebelum tidur memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar, sehingga seseorang yang selalu konsisten mengamalkannya termasuk orang-orang yang beruntung dan sebaliknya, seseorang yang tidak pernah mengamalkannya termasuk ke dalam golongan orang-orang yang rugi.

Baca Juga:  Beberapa Amalan yang Dilakukan Rasululloh Sebelum Tidur

Sekian artikel yang dapat saya buat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan artikel ini baik meliputi materi yang saya bahas, kesalahan tanda baca, dan kesalahan-kesalahan lainnya. [] Muhammad Khoirul Anwar

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post