Nabda Bi Basmallah, Awali Kegiatan dengan Mungucap Bismillah

Membaca Basmallah
Gambar Ilustrasi Membaca Basmallah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dalam suatu riwayat mengatakan bahwa satu hari di dunia sama dengan 1000 Hari di akhirat. Lantas berapa banyak amalan yang harus kita kumpulkan agar dapat meraih kebahagian abadi di akhirat nanti?

Sedangkan rata-rata usia umat nabi Muhammad saja sekitar 63 tahun, belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan lamanya kehidupan akhirat.

Lantas amalan apa yang sudah kita lakukan? Sholat 5 waktu?, Jika dihitung-hitung lama sholat fardhu plus sholat Sunnah dan dzikir membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit katakanlah, 30 menit dikali 5 kali sholat dalam sehari : 150 menit atau dua setengah jam

Lantas dikali panjang usia rata-rata manusia, wahai saudaraku ternyata menurut perhitungan kita hanya membutuhkan 157,5 jam sholat dalam 63 tahun. Belum lagi jika mengingat sholat kita yang kadangkala terburu-buru, entah karena mengejar pekerjaan ataupun yang lainnya.

Yaa shohiibi, jika kita hanya mengandalkan ibadah maghdoh saja dalam meraih surga maka sungguh amat sedikit amalan kita jika dibandingkan dengan lamanya usia kita.

Padahal dalam Al-Qur’an surat Adzariyat ayat 56 Allah berfirman yang artinya “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepadaKu”.

Oleh karenanya seluruh aktivitas yang kita lakukan di dunia, baik urusan akhirat maupun dunia haruslah dilandasi niat ikhlas mengharap Ridho-Nya.

Karena ibadah tidak hanya yang bersifat maghdoh saja, melainkan ghoiro maghdoh pula. Bagaimana caranya agar aktivitas kita selalu mendapat keberkahan?

Baca Juga:  Amalkan Doa Ini Saat Pagi dan Sore Hari Agar Utangmu Cepat Lunas

Yakni awali dengan basmallah, maka amalan yang tadinya tidak bernilai pahala, insyaallah karena diawali dengan basmalah maka dicatatlah sebagai suatu kebaikan . Seperti pada hadits yang berbunyi :

و قد قال صل الله عليه و سلم كل امر ذي بالا يبدأ فيه بسمالله الرحمن الرحيم فهو أبتر.

Artinya: Setiap perkara yang mengandung kebaikan yang tidak dimulai di dalamnya dengan kalimat bismillahirrahmanirrahim, maka kebaikannya terputus. [] Hanum Salsabila

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post