5 Tips Agar Semangat dalam Melakukan Kebaikan, Check This Out!

Berbuat Baik
Gambar ilustrasi berbuat baik dalam hidup (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Hallo sobat Almuhtada, pada artikel ini akan membahas 5 tips agar terus semangat dalam melakukan kebaikan.

Pernahkah Anda merasa kelelahan dan ingin mengeluh terhadap sesuatu yang pada dasarnya banyak nilai kebaikan pada sesuatu itu?

Jika pernah, Anda bisa mengikuti 5 tips di bawah ini agar Anda terus semangat dalam melakukan kebaikan. Tips pertama yang bisa dilakukan agar terus semangat melakukan kebaikan adalah dengan cara bersyukur.

Kita perlu ketahui bahwa cara terbaik untuk membalas nikmat Allah adalah dengan bersyukur dan mempergunakan nikmatnya untuk beribadah yang terbaik kepada-Nya.

Nikmat yang sering manusia tidak ingat yaitu nikmat waktu luang dan kesehatan.

Jika seseorang telah memahami pentingnya mempergunakan nikmat yang Allah berikan untuk beribadah yang terbaik kepada-Nya tentu semangat untuk terus berbuat baik itu akan selalu ada.

Kemudian tips kedua agar terus semangat dalam melakukan kebaikan yaitu dengan merenungi nikmat terbesar yang telah diberikan oleh Allah.

Nikmat terbesar yang telah diberikan oleh Allah adalah keimaman. Hal inilah yang membedakan manusia yang beriman (masih hidup) dan mayit.

Mengapa keimanan menjadi nikmat terbesar di kehidupan kita?

Jawabannya sederhana karena keimanan inilah yang mempengaruhi seseorang dalam berbuat kebaikan setiap waktunya.

Keimanan memiliki pengaruh yang besar untuk membawa seseorang menuju perubahan.

Lalu tips ketiga agar terus semangat dalam melakukan kebaikan yaitu dengan terus berusaha mengoptimalkan parameter keberhasilan dalam keislaman.

Baca Juga:  Tips yang Dapat Kamu Lakukan dalam Menghafalkan Pelajaran

Parameter keberhasilan dalam keislaman yaitu jika ada perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Seseorang yang terus berupaya untuk mengoptimalkan parameter ini akan semangat dalam melakukan kebaikan.

Ia paham betul bahwa ketika ia melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dengan disertai cara yang benar, tentu ia akan terus bersemangat dalam melakukan kebaikan.

Ketika ia melakukan hal tersebut maka ia juga memperoleh keberkahan yaitu akan diterima dimana pun dan kapan pun.

Selanjutnya tips keempat yang bisa dilakukan agar terus semangat dalam melakukan kebaikan adalah dengan bepegang teguh pada nilai syariat Islam.

Allah telah memberikan syariat Islam agar manusia tidak salah arah dalam menjalani kehidupannya.

Tidak mengapa jika saat ini merasa lelah dalam melakukan sesuatu yang mengandung nilai kebaikan daripada kedepannya lebih melelahkan.

Yakinilah bahwa ketika kita berjuang dalam kebaikan, kebahagiaan akan datang dalam kehidupan kita.

Terakhir, tips yang bisa dicoba agar terus semangat dalam melakukan kebaikan adalah dengan terus belajar untuk mengenal Allah.

Manusia akan taat sama Allah ketika ia sadar Allah itu siapa dan sadar dengan tanda-tanda kekuasaan Allah serta mengingat kematian.

Ketika mulai merasa lelah dalam melakukan kebaikan, ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah.

Oleh karena itu, bersemangatlah dan sibukkanlah dalam berbuat kebaikan agar keburukan tidak menyibukkan kita.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif: Pedagang Agar-agar Sedekah ke Puluhan Anak Yatim Setelah Dapat Donasi 108 Juta Karena Viral Beli Nasi Padang 5.000

Itulah lima tips agar terus semangat dalam berbuat kebaikan. Semoga bermanfaat. [] Raudhatul Jannah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post