Mendambakan Rumah di dalam Surga? Lakukan Amalan Berikut!

amalan untuk mendapat rumah di surga
Gambar ilustrasi amalan untuk mendapat rumah di surga (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dalam agama Islam, mendapatkan rumah di dalam surga merupakan cita-cita dari seluruh umat muslim.

Dalam agama Islam digambarkan bahwa surga merupakan tempat yang diberikan kepada orang-orang yang memiliki amal baik lebih banyak dibandingkan amal buruknya, penuh dengan kenikmatan yang tiada tara, keindahan yang tidak dapat dibayangkan oleh akal manusia, dan dipenuhi dengan kebahagiaan yang abadi.

Setelah mendengar gambaran tersebut, tentu semua umat muslim ingin masuk ke dalam surga, apalagi mendapatkan rumah megah di dalamnya.

Rasulullah Saw. juga telah menjelaskan mengenai bahan baku dan sifat dari rumah-rumah di surga dalam sebuah hadist. Hadist tersebut berbunyi :

لَبِنَةٌ مِنْ فِضَّةٍ وَلَبِنَةٌ مِنْ ذَهَبٍ وَمِلَاطُهَا الْمِسْكُ الْأَذْفَرُ وَحَصْبَاؤُهَا اللُّؤْلُؤُ وَالْيَاقُوتُ وَتُرْبَتُهَاالزَّعْفَرَانُ مَنْ دَخَلَهَا يَنْعَمُ لَا يَبْأَسُ وَيَخْلُدُ لَا يَمُوتُ لَا تَبْلَى ثِيَابُهُمْ وَلَا يَفْنَى شَبَابُهُمْ

Artinya : “Bangunannya dari batu bata berupa perak dan emas, adukannya dari minyak wangi kesturi Al-Adzfar, kerikilnya dari mutiara dan permata, kerikilnya dari zakfaron.

Siapa yang memasukinya akan merasa nikmat dan tidak akan meninggalkannya, kekal tidak akan mati, pakaiannya tidak kotor dan senantiasa muda tidak akan tua.” (H.R. At-Tirmidzi dan Ahmad)

Namun, dewasa ini banyak sekali muslim di seluruh dunia, khususnya di Indonesia yang jarang mengetahui tentang amalan-amalan yang dapat membuat mereka mendapatkan rumah megah di surga kelak.

Baca Juga:  Sedang Sakit? Mungkin Allah Sedang Melebur Dosa-Dosamu

Sebagian besar umat muslim di seluruh belahan dunia, khususnya di Indonesia hanya terfokus pada amalan- amalan wajib dan kurang memperhatikan amalan-amalan di luar amalan wajib tersebut.

Padahal, amalan-amalan di luar amalan wajib tersebut memiliki beragam manfaat maupun imbalan yang sangat besar, salah satu contohnya adalah beberapa amalan akan dibalas oleh Allah Swt. dengan dibangunnya sebuah rumah megah di surga sebagai tempat tinggal kelak di akhirat. Lantas, apa saja amalan-amalan tersebut ?

Terdapat beberapa amalan yang dapat membuat kita mendapatkan rumah di surga kelak. Amalan-amalan tersebut meliputi :

  1. Membangun masjid semata-mata karena Allah Swt.

Membangun masjid merupakan salah satu amalan yang dapat membuat kita mendapatkan rumah di surga kelak. Meski amalan ini tergolong amalan yang memerlukan biaya yang sangat besar, namun hal tersebut justru bernilai sangat murah apabila dibandingkan dengan balasan yang didapat.

Rasulullah Saw. bersabda :

مَنْ بَنَى لِلَّهِ مَسْجِدًا بَنَى اللَّه لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّة

Artinya : “Siapa yang membangun satu masjid untuk Allah maka Allah akan membangunkan untuknya satu rumah di surga.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Selain hadist di atas, terdapat hadist lain yang menjelaskan bahwa Allah Swt. akan membalas seseorang yang membangun masjid karena-Nya, meskipun sebesar sarang burung atau lebih kecil dari itu dengan membangun sebuah rumah di surga bagi dirinya. Hadist tersebut berbunyi :

Baca Juga:  Inilah Perlakuan Kepada Jenazah yang Baru Saja Meninggal!

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

Artinya : “Siapa membangun masjid karena Allah walau seperti sarang burung atau lebih kecil dari itu maka Allah akan membangunkan untuknya satu rumah di surga.” (H.R. Ibnu Majah, Al Bazzar, dan Ibnu Hibbar)

  1. Membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak sepuluh kali

Membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak sepuluh kali juga termasuk ke dalam amalan yang dapat membuat kita mendapatkan rumah di surga kelak. Hal tersebut dijelaskan dalam salah satu hadist riwayat Ahmad yang berbunyi :

مَنْ قَرَأَ )قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ( حَتَّى يَخْتِمَهَا عَشْرَ مَرَّاتٍ بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْراً فِى الْجَنَّةِ

Artinya : “Siapa yang membaca qul huwallahu ahad (surat Al-Ikhlas) sampai ia merampungkannya sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (H.R. Ahmad, 3:437)

3 Mengerjakan 12 raka’at sholat rawatib dalam sehari

Dengan mengerjakan sholat rawatib sebanyak 12 raka’at dalam sehari karena Allah Swt., kita dapat mendapatkan rumah di surga-Nya kelak.

Rasulullah Saw, bersabda :

مَنْ ثَابَرَ عَلَى ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً مِنَ السُّنَّةِ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ

Artinya : “Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga.

Baca Juga:  Ramadhan sebagai Ajang untuk Mendekatkan Diri kepada Allah, Amalan Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum  zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” (HR. Tirmidzi, no. 414)

Selain ketiga amalan di atas, masih terdapat banyak amalan lain yang dapat membuat kita mendapatkan rumah di surga kelak.

Semoga kita semua dapat istiqomah dalam menjalankan segala bentuk amal ibadah di atas, sehingga kita semua mendapatkan rumah impian kita di surga kelak.[] Muhammad Khoirul Anwar

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post