Inilah Manfaat dan Jumlah Rakaat Sholat Tarawih yang Kita Dapatkan untuk Mengisi Amalan Bulan Ramadhan Kita

sholat tarawih
Gambar ilustrasi pelaksanaan sholat tarawih (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sholat Tarawih merupakan sholat yang dilakukan hanya pada saat bulan Ramadhan. Tentu shalat ini termasuk ciri khusus datangnya bulan Ramadhan.

Tarawih ini dilakukan pada saat setelah sholat tarawih atau setelah ba’diyah Sholat Isya dan kebanyakan dilakukan secara berjamaah.

Sholat tarawih dilakukan pada malam pertama sebelum awal puasa sampai malam akhir sebelum puasa Ramadhan selesai.

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari, Muslim, dan lainnya, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه

Artinya: Barangsiapa ibadah (Shalat tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Jumlah rakaat shalat tarawih ini berbeda beda tergantung mazhab yang dipercayainya. Seperti imam syafii menyarankan untuk melakukanya sebanyak 20 rakaat ditambah 3 untuk witir, sedangkan imam Hanafi hanya 8 rakaat ditambah 3 rakaat witir, untuk imam maliki dan hambali fleksibel, maksutnya bisa 8 atau 20 rakaat.

Walau jumlahnya yang berbeda beda pasti mereka memiliki kepercayaan atau hadis yang diriwayatkan oleh ulama yang berbeda sehingga membuat perbedaan tersebut.

Walaupun berbeda tetapi keempat imam tersebut tidak ada yang salah, semua tetap benar karena mereka mempunyai argument yang berbeda beda terkait untuk menanggapinya.

Nah, apa saja sih manfaat yang kita peroleh saat melaksanakan shalat Tarawih?

  1. Akan lebih dekat dengan Allah SWT. Sholat tarawih merupakan sholat sunah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Dengan menunaikan salat ini, kita dapat semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, mempererat hubungan keagaman dengan Allah, serta menguatkan keimanan dan ketakwaan kita.
  2. Pahala dikalikan menjadi banyak. Pada bulan Ramadhan ini mari kita berlomba lomba menuju kebaikan. Karena di bulan Ramadhan ini Allah memberikan pahala yang besar dibandingkan dengan bulan lainnya untuk hal ibadah dan kebaikan. Salah satunya adalah tarawih. Meskipun hukumnya tidak wajib tetapi tidak ada salahnya untuk kita melaksanakan sunnah nabi Muhammad tersebut.
  3. Menyehatkan tubuh. Shalat tarawih bisa dikatakan sebagai olahraga. Mengapa demikian? Tentu jumlah raakaatnya yang banyak dan berbeda dengan shalat sunnah lainnya. Tarawih mendatangkan Kesehatan tubuh seperti, sirkulasi darah menjadi lancer, mengencangkan otot otot tubuh, dan baadn menjadi fresh Kembali.
Baca Juga:  BUKBER : Bukannya Meningkatkan Ukhuwah, Malah Dijadikan Ajang Ghibah

Itu lah beberapa manfaat shalat tarawih yang semoga bis akita laksanakan secara rutin 1 bulan romadhan ini. Perbanyaklah ibadah pada bulan Ramadhan karena keistimewaan ini hanya bis akita dapatkan setahun sekali. [] Berliana Salwa Auliya

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post