Bersakit-sakitlah di Hari Ini Sehingga Engkau Mengerti Arti Sebuah Perjuangan Menuntut Ilmu

Perjuangan dalam Menuntut ilmu
Gambar Ilustrasi Perjuangan dalam Menuntut ilmu (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Riyadhah adalah sebuah perjuangan yang dilakukan ketika seorang pelajar ingin mencapai kesuksesan atas ilmunya. Sukses adalah mimpi semua orang. Namun tak semua orang mampu dan mau berjuang atas mimpinya.

Terkadang ia yang memiliki tekad untuk mewujudkan mimpinya justru terhalang akan finansial dan kondisi keluarga yang kurang memungkinkan atau dengan alasan lainnya sehingga ia tak dapat mewujudkan mimpinya.

Terkadang ia yang mampu dan telah mulai menggapai akan mimpi dan cita-citanya, justru goyah di tengah jalan sehingga putuslah ia dalam usahanya untuk mewujudkan mimpinya.

Bersyukurlah engkau jika di hari ini  sedang berada di titik yang tak kebanyakan orang dapat merasakannya. Dari sekian banyaknya rezeki yang diberi oleh Allah Yang Maha Kuasa, rezeki bukanlah hanya tentang angka(uang), namun kesempatan untuk dapat mencari ilmu juga termasuk sebuah rezeki yang patut disyukuri.

Sukses dalam menuntut ilmu bukanlah milik ia yang pandai atas kapasitas otaknya, namun suksesnya seorang pelajar adalah ketika ia mampu menahan pahitnya mencari ilmu, serta tak pupus harapan ketika menemukan sebuah kebuntuan.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:

وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَيۡءٖ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصٖ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَٰلِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتۡهُم مُّصِيبَةٞ قَالُوٓاْ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيۡهِ رَٰجِعُونَ

Yang artinya:

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Baca Juga:  Makna Takdir dalam Berbagai Sudut Pandang

Menuntut ilmu tak pernah lepas dari sebuah perjuangan, bahkan seorang ulama yang mulia hatinya dan bagus ahklaknya sehingga kaya akan ilmunva tak luput dari sebuah perjuangan menuntut ilmu yang melelahkan.

Allah subhanahu wata’ala memberi kabar gembira untuk seorang yang mencari ilmu;

“Barang siapa meniti satu jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah mudahkan baginya jalan menuju surga. Dan sesungguhnya penghuni langit dan di bumi, sampai ikan-ikan di laut pun memohonkan ampun untuk orang-orang yang berilmu.”

Sukses bukanlah milik ia yang hanya bermimpi, namun sukses adalah milik ia yang berani berjuang atas mimpinya.

It’s okey jika ketika mencari ilmu kita menemukan satu atau dua hal yang tak diinginkan, tapi ingatlah kembali tujuan awal ketika memulai menuntut ilmu itu untuk apa?

Teruntuk para penuntut ilmu yang lelah dan bahkan hampir menyerah, tahanlah sebentar, tak usah terlalu memaksa.

Beristirahatlah karena perjalananmu masih panjang. Tak perlu risau karena langkah dan kesuksesan seorang sudah ada takarannya masing-masing.

Ingatlah masih ada seorang yang harus kau perjuangkan hingga kau harus mendapat ilmu beserta keberkahan dari-Nya. Jangan lupa ingat Allah, Allah lagi, Allah lagi, Allah terusss. Fighting!!! Semoga bermanfaat. [] Rosi Daruniah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post