Muslim Wajib Tahu! Ini Dia 5 Waktu Do’a yang Mustajab

Waktu yang Mustajab untuk Berdoa
Gambar Ilustrasi Waktu yang Mustajab untuk Berdoa (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Do’a merupakan salah satu cara seorang muslim berhubungan dengan Allah SWT. Setiap manusia dalam hidupnya pasti memiliki keinginan, kesulitan, dan masih banyak lagi. Hal tersebut tidak akan pernah terselesaikan tanpa bantuan dari Allah SWT.

Oleh karena itu, setiap muslim dianjurkan untuk berdo’a kepada Allah. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Al -Mukmin : 60, yang artinya “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkanankan bagimu.

Sesungguhnya orang – orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina.”

Namun, cepat atau lambatnya dikabulkan do’a seseorang tergantung dari kehendak Allah SWT. Namun tahukah kamu, terdapat beberapa waktu tertentu yang mustajab untuk berdo’a. Waktu – waktu tersebut diantaranya sebagai berikut.

  1. 1/3 Malam Terakhir

Dari Abu Hurairah R.A diriwayatkan, ahwa Rasulullah SAW bersabda : Tuhan kami (Allah) tebaraka wa ta’ala turun ke langit dunia setiap malam ketika sepertiga malam yang terakhir seraya berfirman : Siapa yang berdo’a kepada-Ku maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta Kepada-Ku, maka akan aku beri.”

  1. Ketika Akhir Sholat

“Rasulullah SAW ketika datanya perihal do’a yang paling didengar, yaitu do’a yang paling dekat dengan dijabah menjawab adalah do’a di Tengah malam dan setelah sholat lima waktu.” (HR. Tirmidzi)

  1. Antara Adzan dan Iqomah

Dalam Riwayat Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda : “Doa’ yang tidak ditolak antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud)

  1. Ketika Adzan dan Hujan
Baca Juga:  Berikut Jenis-Jenis Sholawat yang Perlu Kamu Tahu

Dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Dua do’a yang tidak akan ditolka, do’a ketika adzan dan do’a ketika turunnya hujan.

  1. Ketika Hari Jum’at

Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat saat yang tidak mendapatkannya seorang muslim, sedang ia berdiri salat meminta suatu kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan memberi apa yang ia minta.” (HR. Malik, Ahmad, Muslim, Nasa’i, dan Ibnu Majah). [] Aulia Cassanova

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post