Muhammad Syafii Antonio: Inilah Pedoman Moral dan Etika yang Harus Menjadi Inspirasi dalam Menjalani Kehidupan

Pedoman Moral dan Etika
Gambar Ilustrasi Pedoman Moral dan Etika (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Prof. Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec merupakan profesor ahli perbankan syariah dan pendiri Institut Agama Islam Tazkia.

Pada salah satu postingan di akun instagram @msyafiiantonio, ia membagikan nasehat penting dalam menggagas masa depan yang bisa dijadikan inspirasi kita bersama.

Nasehatnya itu berkaitan erat dengan pedoman moral dan etika yang harus menjadi inspirasi dalam menjalani kehidupan lho.

Pedoman moral dan etika yang harus menjadi inspirasi dalam menjalani kehidupan tidak lain adalah sifat-sifat Rasulullah SAW.

Adapun penjelasan mengenai pedoman moral dan etika yang harus menjadi inspirasi dalam menjalani kehidupan tersebut yaitu:

  1. Sifat Shiddiq sebagai Personal Excellent

Prof. Dr. Muhammad Syafii Antonio menjelaskan bahwa sifat shiddiq perlu dijadikan pedoman moral dan etika dalam kehidupan.

Beliau menjelaskan bahwa kejujuran harus mencakup berbagai aspek kehidupan, termasuk kejujuran dalam perkataan, tindakan dan dalam memenuhi janji.

Ketika seseorang memegang pedoman dan moral etika ini maka ia akan mendapatkan kepercayaan, cinta dan rasa hormat.

Hal itulah yang seharusnya bisa dijadikan inspirasi dalam menjalani kehidupan agar membawakan kebaikan dan kebahagiaan.

  1. Sifat Amanah sebagai Interpersonal Capital

Prof. Dr. Muhammad Syafii Antonio menjelaskan bahwa dalam hal ini perlu membangun dan mempertahankan hubungan antar manusia.

Hubungan antar manusia harus terlebih dahulu kokoh, kuat, dan sehat. Cara untuk menerapkannya ialah dengan menjaga amanah, keandalan, dan integritas dalam interaksi dengan orang lain.

  1. Sifat Fathonah sebagai Profesionalism Quality and Competent

Salah satu yang harus menjadi inspirasi bagi manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari ialah memiliki sifat fathonah.

Baca Juga:  Menguap Disukai Setan, Perhatikan Adab yang Harus Dilakukan!

Prof. Dr. Muhammad Syafii Antonio menjelaskan bahwa sifat fathonah harus dijadikan inspirasi agar bisa menjalankan tugas atau pekerjaan secara profesional.

Sifat fathonah dapat ditunjukkan dengan memperhatikan etika saat kerja, penuh dedikasi, dan kompeten dalam melakukan tugas.

  1. Sifat Tabligh sebagai Transformative and Communicative Leadrship

Sifat tabligh pada era saat ini bisa dilakukan  melalui gaya kepemimpinan yang mampu menginspirasi perubahan positif.

Sifat tabligh juga bisa diwujudkan melalui komunikasi yang efektif dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Penerapan-penerapan empat sifat Rasulullah SAW di atas bisa dijadikan pedoman moral dan etika serta inspirasi bagi kita sebagai manusia agar kehidupan yang kita jalani penuh makna.

Nilai-nilai yang sangat dibutuhkan saat ini seperti humanisme, imajinasi, kegigihan, kekuatan untuk melangkah dan simpati kepada orang lain perlu dihadirkan oleh masing-masing individu.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai pedoman moral dan etika yang harus menjadi inspirasi dalam menjalani kehidupan.

Semoga kita bisa menerapkan keempat sifat di atas ya dan semoga dengan meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW maka Allah SWT terus memberikan kebaikan dan kebahagian dalam kehidupan kita. [] Raudhatul Jannah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post