Inilah Keutamaan Sholat Dhuha yang Luar Biasa

Keutamaan Melaksanakan Sholat Dhuha
Gambar Ilustrasi Keutamaan Melaksanakan Sholat Dhuha (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sholat merupakan ibadah yang wajib bagi umat islam. Namun terdapat juga sholat sunnah yang apabila dilakukan maka akan mendatangkan keutamaan yang luar biasa.

Salah satu sholat sunnha yang memiliki banyak keutaaan adalah sholat dhuha.  Sholat dhuha sendiri merupakan shalat sunnah yang dikerjakan pada pagi hari setelah  matahari terbit hingga sebelum masuk waktu zhuhur.

Rokaat sholat dhuha sendiri paling sedikit 2 rokaat dan maksimal rokaat nya adalah 12.

Sholat dhuha memiliki banyak sekali keutamaan. Namun apakah sobat al-muhtada tahu keutamaan sholat dhuha? Simak baik-baik ya!

Keutamaan sholat dhuha adalah antara lain:

  1. Pahalanya seperti bersedekah

Mengerjakan sholat dhuha memiliki nilai amalan seperti keutamaan bersedekah,sedekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperuntukan untuk 360 sendi kita,terlebih ketika kita ikhlas dalam mengerjakannya. Seperti dalam hadist yang diriwayatkan oleh imam muslim R.A

عَنْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى. (أخرجه مسلم).

Dari Abu Dzar, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau telah bersabda: “Di setiap pagi, ada kewajiban sedekah atas setiap persendian dari salah seorang kalian. Setiap tasbiih adalah sedekah, setiap tahmiid adalah sedekah, setiap tahliil adalah sedekah, setiap takbiir adalah sedekah, amar makruf nahi mungkar adalah sedekah. Dan dapat memadai untuk semua itu, dua rakaat yang dilakukan pada waktu Dhuha”

  1. Dicukupi kebutuhaanya
Baca Juga:  Beginilah Hukum Mewarnai Rambut

Sholat dhuha merupakan sholat yang dilakukan untuk memohon rizki kepada Allah SWT,selain itu Allah juga berjanji kepada setiap umat islam yang rajin melaksanakan sholat dhuha untuk mencukupi semua kebutuhannya atau rizkinya. Sebagimana hadist yang diriwayatkan oleh  Uqbah bin Amir al-Juhani R.A Rasulullah SAW Bersabda:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَا ابْنَ آدَمَ اكْفِنِى أَوَّلَ النَّهَارِ بِأَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ بِهِنَّ آخِرَ يَوْمِكَ

Sesungguhnya Allah berfirman: “Wahai ‎anak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi ‎dirimu dengan shalat itu di akhir harimu.” (HR. Ahmad 17390, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wat Tarhib 666 dan Syuaib al-Arnauth).‎

  1. Meraih ghanimah atau keuntungan yang lebih cepat

Orang yang tekun dan rajin dalam melaksanakan sholat dhuha akan memperoleh ghanimah atau keuntungan yang lebih cepat atas izin allah SWT.

Hal ini pernah terjadi di zaman Rasulullah SAW. Dimana Rosull membandingkan orang-orang yang melakukan sholat dhuha dengan mujahid yang berangkat kemedan tempur perang dan kembali dengan cepat ketempat asalnya dengan membawa ghanimah atau rampasan perang.

Rosulullah pun menimbang bahwasannya keuntungan yang akan diperoleh oleh mereka yang akan melaksanakan sholat dhuha akan berjumlah lebih banyak,dibandingkan keuntungan yang diperoleh oleh para mujahid tersebut

  1. Diberi ganjaran rumah atau tempat tinggal disurga

Barang siapa yang melaksanakan sholat dhuha diawal hari sebanyak 12 rokaat akan diberikan ganjaran oleh allah rumah disurga yang terbuat dari emas.

Baca Juga:  Keutamaan Surah Al-Fatihah

Hal ini sesuai dengan isi hadis Nabi Muhammad saw: “Barangsiapa yang sholat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al Jami’ No. 634).

  1. Mendapat pahala haji dan umroh

Orang yang dengan tekun dan rajin melaksanakan ibadah sholat dhuha akan mendaptakan pahala haji dan umrah yang sempurna.

Seperti dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam abu Daud R.A Rasulullah SAW Bersabda ;

من خرج من بيته متطهرا إلى صلاة مكتوبة فأجره كأجر الحاج المحرم، ومن خرج إلى تسبيح الضحى لا ينصبه إلا إياه فأجره كأجر المعتمر

Artinya, “Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan shalat fardhu akan diberikan pahala ibadah haji. Sementara orang yang keluar rumah untuk mengerjakan shalat dhuha dan tidak ada tujuan lain selain itu, maka akan diberikan pahala umrah,” (HR Abu Daud).

Itu merupakan sedikit keutamaan dalam mengerjakan sholat dhuha,sholat dhuha memiliki banyak sekali keutaman,maka dari itu kita sebagai umat muslim sebisa mungkin melaksanakan sholat dhuha,dan semoga dengan mengerjakan sholat dhuha kita mampu menambah keimanan kepada Allah SWT. [] Juliana Stefani Usaini

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post