Doa Nurbuat: Naskah, Terjemah, dan Fadhilah

Doa Nurbuat yang memiliki banyak keutamaan
Gambar Ilustrasi Doa Nurbuat yang memiliki banyak keutamaan (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Doa Nurbuat menjadi salah satu doa yang istimewa. Karena dipercaya berasal dari kedatangan malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad untuk menyampaikan wahyu.

Nama Nurbuat sendri berasal dari dua kata, yaitu nurun dan annubuwwah yang artinya cahaya kenabian. Bacaan daro Doa Nurbuat adalah sebagai berikut.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ الْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْنِ

وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنٌ وَمَاهُوَ اِلاَّذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ وَمُسْتَجَابُ اْلقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُوالْعَرْشِ الْمَجِيْدِ

طَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدِيْ وَاقْضِ حَاجَتِيْ وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ وَحَبِّبْنِيْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَاَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,

“Ya Allah, Penguasa Yang Agung, Pemilik Rahmat yang Abadi, Yang Maha Pemurah, Pemilik Wajah yang Mulia, Penyelenggara kata-kata yang sempurna dan doa-do’a yang terkabul. Engkau Maha Bijaksana, Penyelenggara yang Baik bagi Hasan dan Husain, Dari Sumber Kekuasaan dan Penyelenggara yang melihat, dan Pengawas bagi manusia, jin, dan setan. Mereka yang kafir hampir-hampir melepaskan pandangan mereka ketika mendengar peringatan ini, dan mereka berkata: “Sungguh, dia orang gila,” padahal itu hanyalah peringatan bagi seluruh alam. Al-Qur’an yang Agung yang diwarisi oleh Sulaiman dan Daud, kedua nabi yang penuh kasih yang memiliki takhta yang agung. Panjangkan usiaku, kuatkan jasadku, kabulkanlah kebutuhanku, berilah aku lebih harta dan anak-anak, dan jadikanlah aku dicintai oleh semua manusia. Jauhkan permusuhan di antara semua anak Adam, semoga mereka semua berdamai. Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan Yang Menguasai Kebesaran, dari apa yang mereka gambarkan. Dan sejahtera atas para Rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam.”

Keutamaan Doa Nurbuat

  1. Perlindungan dari Ancaman Makhluk Halus dan Bahaya
Baca Juga:  Mueeza, Kucing Kesayangan Nabi Muhammad SAW

Doa Nurbuat diyakini sebagai doa perlindungan. Dengan berdoa, umat Muslim memohon perlindungan Allah dari berbagai gangguan yang mungkin datang dari makhluk halus atau bahaya lainnya. Ini adalah manifestasi iman dalam kekuatan dan kasih sayang Allah sebagai pelindung dan pemelihara.

  1. Mengatasi Kesulitan Hidup

Doa Nurbuat juga dianggap sebagai doa yang dapat membantu seseorang mengatasi kesulitan dalam hidup, baik yang bersifat fisik maupun mental. Berdoa dapat memberikan ketenangan pikiran, kekuatan, dan harapan dalam menghadapi cobaan dan kesulitan.

  1. Permohonan Rezeki yang Melimpah

Salah satu aspek penting dalam Doa Nurbuat adalah permohonan akan rezeki yang melimpah dari Allah. Rezeki dalam konteks ini mencakup segala sesuatu, baik yang bersifat materi, spiritual, atau berkah dalam berbagai aspek kehidupan. Umat Muslim berdoa agar Allah memberikan kecukupan dan kemakmuran dalam hidup mereka.

  1. Kesehatan dan Kesembuhan

Doa Nurbuat juga diyakini membawa manfaat untuk kesehatan tubuh dan kesembuhan dari berbagai penyakit. Ketika seseorang berdoa dengan penuh keyakinan, hal ini dapat membawa perasaan damai dan membantu dalam proses penyembuhan fisik dan mental.

  1. Keberkahan dalam Hidup

Doa Nurbuat membantu memohon keberkahan dalam berbagai aspek kehidupan. Umat Muslim berharap agar Allah memberikan berkah dalam pekerjaan, keluarga, hubungan sosial, dan segala hal yang mereka lakukan. Keberkahan ini dianggap sebagai hadiah dari Allah yang membuat segala usaha menjadi lebih sukses dan bermanfaat.

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah
Baca Juga:  Adab Berdoa: Kunci Dikabulkannya Doa dalam Sepuluh Langkah

Doa Nurbuat adalah salah satu bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah. Dalam berdoa, umat Muslim merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Doa ini tidak hanya sebagai sarana untuk memohon, tetapi juga sebagai wujud ibadah yang memperkuat hubungan dengan Allah, meningkatkan keimanan, dan ketakwaan. [] M. Afif Kurniawan

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post