Jadikan Kebiasaan ! Inilah Keutamaan Melafalkan Sayyidul Istighfar

Mengamalkan Sayyidul Istighfar
Gambar Ilustrasi Mengamalkan Sayyidul Istighfar (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sebagai manusia, pasti tidak luput dari salah dan dosa. Baik disengaja maupun tidak disengaja manusia melakukan kesalahan setiap hari.

Allah SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Setiap ada hamba-Nya berbuat salah kemudian membaca istighfar, Allah dengan mudah menerima maaf nya.

Tapi, taukah kalian ada bacaan istighfar yang dijuluk i sebagai induk dari istighfar? Bahkan jika diamamalkan setiap sorenya Allah SWT menjanjikan Surga bagi yang membaca.

Yaps, bacaan tersebut adalah bacaan Sayyidul istighfar. Sayyidul istighfar memiliki arti yaitu pemimpin, puncak dari istighfar.

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Syaddad bin Aus diterangkan bahwa Rasulullah ﷺ membiasakan diri membaca doa Sayyidul Istighfar di pagi dan sore hari.

“Siapa yang membaca sayyidul istighfar di sore hari, lalu ia meninggal di malam itu, niscaya ia termasuk penghuni surga. Demikian juga berlaku bagi mereka yang membaca sayidul istighfar di pagi hari, lalu wafat di hari itu juga, niscaya ia termasuk penghuni surga,” demikian sabda Rasulullah saw.

Sebagai umat muslim dalam satu hari minimal membaca Sayyid Istighfar 3 kali di pagi hari dan sore hari. Bacaan sayyidul istighfar termasuk kalimat dzhikir

Seperti yang kita tau, dzikir adalah ibadah paling mudah untuk dilakukan. Dimana pun, dan kapan pun kalimat dzikir dapat diucapkan dan dilanturkan

dari Al Agharr Al Muzani, Rasulullah ﷺ bersabda:

Baca Juga:  Menghadirkan Kesadaran dalam Berdoa, Maka Tiada Doa yang Kembali Sia-Sia!

وَإِنِّي لَأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِي الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ

“Sesungguhnya aku beristighfar seratus kali dalam sehari.” (HR. Muslim No. 2702)

Dari hadist diatas, Rasulullah yang merupakan kekasih Allah yang sudah mendapat jaminan Surga saja membaca istighfar 100 kali dalam sehari. Lantas bagaimana dengan kita yang pendosa ini?

Sebagai umat Islam, kita pasti mengharapkan syurganya Allah di Akhirat kelak, oleh karena itu mari perbanyak dzikir dan membaca istighfar. Khususnya membaca sayyidul istighfar ini, karena sebagaimana sabda Rasulullah Saw “sebaik-baiknya Istighfar adalah sayyidul Istighfar”

Berikut ini adalah bacaan sayyidul Istighfar beserta dengan makna nya. Semoga kita semua dapat mengamalkan membaca Sayyidul Istighfar setiap harinya dan kelak kita semua akan dimasukan Allah kedalam syurga-Nya. Aamiin.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Dan aku atas tanggungan dan janji-Mu selama aku masih mampu. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat. Aku mengakui nikmat yang Kau berikan kepadaku. Aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” [] Laili Mukarimatin

Baca Juga:  Meraih Keutamaan Dzikir Al Ma’tsurat pada Pagi dan Petang

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post