Bergerak Lebih Maju, Pesantren Riset Al-Muhtada Gelar Seminar Proposal

Dunia penelitian sepertinya sudah menjadi kawan akrab bagi Pesantren Riset Al-Muhtada. Seperti namanya, Pesantren Riset Al-Muhtada memiliki pergerakan selangkah lebih depan dengan program-program unggulannya. Salah satunya yaitu program riset atau penelitian yang diwajibkan untuk para santrinya.

Salah satu kegiatan yang digunakan untuk menunjang program riset tersebut adalah penyelenggaraan seminar proposal. Dengan mengangkat tema “Islam dan Kebudayaan” para santri harus membuat proposal tentang permasalahan seputar keislaman dan kebudayaan yang ada di lingkungan sekitar. Banyak judul yang diangkat dalam proposal yang dibuat oleh para santri, dengan berbagai objek dan lokasi penelitian.  Mulai dari Siswa,  Sekolah, hingga Tradisi masyarakat lokal yang ada di Jawa Tengah

Seminar Proposal diadakan pada Jumat, 3 Januari 2020. Dihadari oleh Pengasuh Pesantren Riset Al-Muhtada, Ust. Dani Muhtada  dan mentor Ayon Dinianto, para santri unjuk kebolehan proposal penelitian masing masing. Kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih tujuh jam dengan 11 paparan kelompok. Ust. Dani Muhtada tidak hanya memberikan komentar terhadap proposal yang digagas oleh para santri. Namun, juga memberikan masukan konstruktif untuk menyunting serta merivisi bagian-bagian proposal yang masih kurang tepat. Selanjutnya proposal penelitian ini akan digunakan untuk acuan dalam melakukan penelitian lapangan. Kedepan program seminar proposal seperti yang diselenggan dapat menjadi satu bekal bagi para santri dalam menyusun tugas akhir kuliah Skripsi dan penyusunan karya karya ilmiah lain.

Baca Juga:  Ahwan Fanani Diangkat Sebagai Guru Besar Hukum Islam UIN Walisongo Semarang

Reportase : Wihda Anfaul Umat Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada

Editor    : Nurjaya Mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada

Related Posts

Latest Post