Seminar Hasil Penelitian Mahasantri

 

Selama dua hari, 10-11 Februari 2019, para mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada  melaksanakan salah satu kewajibannya, yaitu mempresentasikan hasil penelitian mereka selama liburan semester.

Tema besar yang diusung dalam agenda penelitian mahasantri kali ini adalah tentang pengelolaan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Para mahasantri meneliti pengelolaan BMT ini dari berbagai aspek, baik dari aspek pengelolaan, pendanaan, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan BMT. Penelitian dilakukan di beberapa tempat antara lain  Semarang, Grobogan, Kudus, Magelang, Kendal, Nganjuk dan Blitar.

Sebelumnya, para mahasantri telah mempelajari metode penelitian kualitatif selama satu semester, yang dibimbing oleh Ayon Diniyanto, S.H. selaku mentor di pesantren riset ini. Presentasi yang berlangsung selama dua hari ini menampilkan berbagai judul penelitian individual oleh para mahasantri. Seperti milik salah seorang mahasantri, Rikha Zulia, yang meneliti tentang “‘Efektivitas Program BMT Bina Ummat Sejahtera terhadap Perekonomian Masyarakat.’

Presentasi ini merupakan langkah terakhir yang dilakukan oleh para mahasantri setelah sebelumnya melakukan penelitian di lapangan selama kurang lebih satu bulan. Setelah pengumpulan data di lapangan, mereka diharuskan untuk membuat laporan akhir hasil  penelitiannya masing-masing, yang kemudian di presentasikan di hadapan Bapak Dani Muhtada, M.Ag., M.A., M.P.A., Ph.D. selaku pengasuh di pesantren .

Selain untuk menyampaikan hasil-hasil penelitian, presentasi ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan public speaking dari  para mahasantri Pesantren Riset Al-Muhtada. (Penulis Alda Gemellina Munadhiroh).

Baca Juga:  Ikhlas Adalah Kunci Agar Menjadi Manusia Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Related Posts

Latest Post