Upgrade Spiritual: Tingkatkan Kedekatan Diri pada Allah

Ilustrasi gambar mendekatkan diri kepada Allah SWT. (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sebagai makhluk yang diciptakan, tugas utama kita dalam menjalani kehidupan di dunia adalah untuk beribadah kepada Allah Swt. Kehidupan yang dijalani di dunia hanyalah sementara. Oleh karena itu, jangan sampai kita terlena dengan kenikmatan-kenikmatan yang didapatkan di dunia.

Manusia sebagai makhluk yang mempunyai hawa nafsu terkadang terlena dengan apa yang didapatkan di dunia. Kesibukan-kesibukan duniawi menjadi prioritas utama daripada beribadah. Hal itu menyebabkan kita semakin jauh dari Allah Swt. Maka dari itu perlu adanya perhatian lebih untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.

Untuk mendekatkan diri kepada Allah, kita perlu meningkatkan ketaatan dalam beribadah. Hal-hal apa saja sih yang harus dilakukan agar kita bisa dekat dengan Allah?.

  1. Meyakini akan adanya hari pembalasan

Segala perbuatan yang kita lakukan di dunia, semuanya akan dibalas di akhirat kelak.

  1. Meyakini bahwa kehidupan dunia hanyalah sementara
  2. Memperbanyak membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an sebagai pedoman ajaran agama Islam mempunyai peranan penting dalam menambah kedekatan dengan Allah. Jika kita rajin membaca Al-Qur’an, maka kita akan lebih mudah untuk mendekatkan diri kepada Allah, karena Al-Qur’an merupakan kalam Ilahi

  1. Memperbanyak membaca dzikir

Dzikir sebagai bentuk pengingat bahwa kita mempunyai Allah.

Imam Ibnu Athoillah mengatakan;

 

لَا تَتْرُكِ الذِكْرَ لِعَدَمٍ حُضورِكَ مَعَ اللهِ فِيهِ لأَنَّ غَفْلَتَكَ عن وُجُودِ ذِكرِهِ أَشَدُّ من غَفْلَتِكَ فِي وُجُودِ ذِكرِهِ

Baca Juga:  Menumbuhkan Rasa Cinta kepada Allah, Sebagai Landasan Spritual dalam Kehidupan Seorang Muslim

 

“Jangan meninggalkan dzikir, karena engkau belum bisa selalu ingat kepada Allah di waktu berdzikir, sebab kelalaianmu terhadap Allah ketika tidak berdzikir itu lebih berbahaya dari pada kelalaianmu terhadap Allah pada saat kamu berdzikir.”

(Faidhu al-Qodhir – Abdur Rouf al-Munawi, juz 6 hlm 83)

  1. Meminta pertolongan Allah agar bisa istiqomah dalam beribadah

Istiqomah dalam beribadah itu penting. Banyak orang melakukan ibadah, namun sulit untuk mengistiqomahkannya.

  1. Mencari majelis Ilmu

Mencari ilmu termasuk salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim. Melalui ilmu pengetahuan kita bisa lebih mengenal Allah.

  1. Mencari circle yang positif

Relasi pertemanan mempunyai peranan penting terhadap apa yang kita lakukan di dunia. Maka dari itu, untuk mendekatkan diri kepada Allah kita harus bisa berteman dengan orang-orang yang membawa diri kita ke jalan yang lebih baik dan benar. [] Nayla Syarifa

 

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post