Merenungi Keistimewaan dan Manfaat Sholat Terawih

Sholat Tarawih Selama Ramadhan
Gambar Ilustrasi Sholat Tarawih Selama Ramadhan (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Bulan Ramadan tinggal menghitung jari. Setiap detik yang berlalu membawa kita semakin mendekati waktu yang penuh berkah ini, di mana pintu-pintu rahmat Allah terbuka lebar bagi hamba-Nya yang berusaha mendekatkan diri kepada-Nya.Di tengah euforia menyambut kedatangan Ramadan, marilah kita merenungi salah satu ibadah yang menjadi bagian tak terpisahkan dari bulan yang penuh berkah ini, yaitu Sholat Terawih.

Sholat Terawih adalah salah satu ibadah yang memiliki keutamaan yang besar di bulan Ramadan. Shalat tarawih adalah shalat malam atau qiyamul lail yang dilaksanakan pada bulan ramadhan dan hukum shalat tarawih di bulan ramadhan adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.Berikut beberapa keutamaan sholat terawih di antaranya

  1. Allah mengampuni dosa dosa selama bulan ramadhan

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه

Artinya: “Barangsiapa melakukan ibadah puasa Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Bulan Ramadhan sendiri di kenal sebagai bulan ampunan. Rasulullah bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa melaksanakan sholat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan ingin mendapatkan pahala, maka dia diampuni semua dosanya yang telah lewat” (HR. Muslim).

  1. Mempererat Silaturahmi

Salah satu keistimewaan Sholat Terawih adalah kita melaksanakannya secara berjamaah di masjid. Dengan demikian, ibadah ini tidak hanya menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga untuk mempererat tali silaturahmi di antara sesama Muslim.

Baca Juga:  Bagaimana Hukum Bermake-up dalam Islam? Simak Penjelasannya Disini!

Saat kita berkumpul di masjid untuk melaksanakan Sholat Terawih, kita bisa saling bersilaturahmi satu sama lain, kita berbagi kebersamaan dan kekompakan dalam menjalankan ibadah sehingga kita bisa saling menyayangi satu sama lain.  Dan di situlah Allah menurunkan rizki kepada kita.

  1. Sholat terawih berjamaah sampai selesai maka hal itu seperti sholat semalam penuh

Hadist ini menjadi anjuran umat muslim untuk berjamaah dalam sholat terawih hingga selesai.

مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَة

Artinya: “Barang siapa yang ikut melaksanakan sholat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai maka baginya akan dicatat seperti salat semalam penuh.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi).

Dengan memahami makna dan manfaat Sholat Terawih, semoga kita dapat menjalankannya dengan penuh keikhlasan dan khusyuk. Mari manfaatkan setiap kesempatan di bulan Ramadan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meraih berbagai keberkahan-Nya. [] Fitri Novita Sari

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post