Ini Dia 3 Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan Menurut Islam

Menurunkan berat badan dengan makan sehat
Gambar ilustrasi menurunkan berat badan dengan makan sehat (Pinterest - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Obesitas merupakan masalah kesehatan yang sering dijumpai, terutama pada kalangan umur 30 tahun keatas.

Obesitas dapat terjadi karena faktor genetic maupun faktor kebiasaan hidup yang buruk, terutama dalam hal mengkonsumsi makanan.

Makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan, makanan yang kita konsumsi dapat menentukan kesehatan tubuh kita.

Salah satu jalan yang dapat ditempung bagi penderita obesitas adalah dengan diet. Diet dilakukan untuk membatasi dan memperbaiki makanan yang dikonsumsi agar berat badan dapat menjadi ideal kembali.

Dalam Islam, makanan digolongkan menjadi 2, yaitu makanan halal dan makanan haram. Makanan halah adalah makanan yang bentuk, sifat, dan dzatnya baik untuk dikonsumsi. Makanan haram adalah makanan yang bentuk, sifat, dan dzatnya tidak baik untuk dikonsumsi.

Tahukah kamu, bahwa terdapat 3 jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Makanan – makanan tersebut telah disebutkan dalam Al – Qur’an maupun Hadist Rasulullah SAW. Hal ini juga telah terbukti secara ilmiah. Berikut ini adalah 3 jenis makanan tersebut.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah – rempah yang sudah lama terkenal banyak memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Jahe juga merupakan salah satu suguhan yang akan Allah SWT berikan kepada para penghuni surga. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Al – Insan Ayat 17, yang artinya : “Di dalam surga mereka diberi mimum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.”

Baca Juga:  Kenali Siapa Mahram-mu! Agar Kamu Tahu dengan Siapa Harus Membatasi Diri

Berdasarkan penelitian, Jahe memiliki kandungan gingerol yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah dapat menstabilkan kadar gula darah.

Seseorang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi memiliki resiko obesitas lebih tinggi. Sehingga mengonsumsi Jahe secara rutin merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.

  1. Minyak Zaitun

Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Makanlah minyak (zaitun) dan berminyaklah dengannya. Sungguh ia berasal dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ibnu Majah)

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolestrol (LDL) dalam darah. Hal ini karena minyak zaitun mengandung asam lemak jenuh yang rendah.

Seseorang yang menderita obesitas cenderung memiliki kadar kolestrol sangat tinggi. Hal ini dapat terjadi kerana makanan yang dikonsumsi mengandung minyak dengan asam lemak jenuh yang tinggi, seperti minyak goreng kelapa sawit yang mengandung asam lemak jenuh sebanyak 85 – 90 %.

  1. Lemon

Rasulullah SAW bersabda, yang artinya : “Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al – Qur’an adalah seperti jeruk manis yang baunya harum dan rasnya manis….” (HR. Bukhari, Muslim, Nasai, dan Ibnu Majah)

Lemon merupakan salah satu buah yang masih memiliki kerabat dengan jeruk. Lemon sudah lama terkenal dengan khasiatnya yang sangat baik bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Mengutip dari Healthline, sejumlah bukti menunjukkan bahwa air jeruk lemon dapat menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan air lemon hanya mengandung 17 kalori dan menangkal radikal bebas yang berkaitan dengan LDL (kolestrol jahat) yang merupakan salah satu sebab peningkatan berat badan. [] Aulia Cassanova

Baca Juga:  5 Healing dalam Islam Buat Kamu yang Butuh Ketenangan

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post