Awal Mula Hari Kita Dilihat dari Subuh kita

Ilustrasi orang yang mengwali harinya dengan baik (freepik.com - Almuhtada.org)
Almuhtada.org – Awal mula bangun tidur ketika subuh itu menjadi penentu diri kita terhadap satu hari penuh, seperti halnya kalau dari subuh kita ngantuk-ngantukan atau habis subuh tidur nah kedepanya kita pasti akan malas atau lesu untuk menjalani kegiatan pada hari itu, dan juga sebaliknya kalau dari subuh kita sudah bangun dan tidak tidur lagi setelah sholat subuh maka pasti akan bersemangat menjalani kegiatan pada hari itu.
Allah SWT telah menciptakan waktu yang Istimewa daripada waktu-waktu lainnya, yang didalamnya terkandung banyak sekali barokah di waktu tersebut, Rasulullah SAW pernah memanjatkan doa” Ya Allah, berkahilah umatku selama mereka senang bangun subuh” ( HR. Tirmidzi, Abu daud, Ahmad dan Ibnu majah)
Mengapa waktu subuh itu Istimewa daripada waktu-waktu lainya?. Karna tidak banyak orang bisa untuk bangun dari tidurnya Ketika jam-jam tersebut,dan juga waktu yang dekat dengan sepertiga malam.
كَانَ رَسُولُ اللهِ يُصَلٍّي مِنَ اللَّيلِ مَثْنَي مَثْنَي وَيُوَتِرُ بَرَكْعَةً مِن آخِرِ اللَّيلِ وَيُصَلِّي الرَكعَتَيْنِ قَبلَ صَلَاةِ الْغَدَاةِ وَكَانَ الْاَذَانَ بِأَذْنَينِ (متفق عليه)
Artinya: “Rasulullah SAW biasa salat malam dua rakat dua rakat salam, dan pada akhir malam beliau juga biasa salat dua rakat sebelum salat subuh seolah-olah beliau telah mendengar iqamah” (Mutafaq ‘Alaih)
Nah hadits diatas salah satu tanda bahwa sholat subuh adalah waktu yang amat Istimewa sehingga kita dianjurkan untuk melaksanakan salat dua rakat seperti halnya Rasulullah melakukanya
Keberkahan sholat subuh
Barangsiapa yang melaksanakan salat subuh ia akan masuk dalam pengawasan malaikat, malaikat akan mencatat dan melaporkan amal yang kita perbuat Ketika subuh, dan  senantiasa  dibukakan pintu rezeki oleh Allah SWT yang dihamparkan di muka bumi ini.
Akan diberi Kesehatan dan kesegaran karna waktu subuh sirklus udara dan hawa masih serasa segar, dapat mengoptimalkan otak dan otot dalam beraktivitas.
Inilah nikmat keberkahan dari Allah untuk ahli surga yang mereka sukai yaitu dapat memandang “wajah” Allah yang maha mulia. Kemuliaan ini tidak didapat semua orang hanya didapat oleh ahli sholat fajar sebagaimana nabi bersabda: “Ingatlah sesungguhnya kalian akan melihat tuhan kalian bagaikan kalian melihat bulan ini, kalian tidak berdesak-desakan saat melihatnya. Jika kalian mampu meraih kesempatan dengan mengerjakan sholat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelam, kerjakanlah”.
Sungguh sangatlah besar nikmat, barokah yang Allah berikan kepada umatnya tinggal kita melaksanakan kewajiban dan menaati perintah-perintahnya, dan semoga kita menjadi salah satu umat yang dicintai oleh Allah SWT. Hidup sekali hiduolah yang berarti. []Gilang R
Editor: Maulina Istighfaroh
Baca Juga:  Wajib Dihindari! Sifat Pelit dalam Islam

Related Posts

Latest Post