Rahasia Keajaiban Do’a Orang Tua untuk Kesuksesan Anak

Ilustrasi Gambar Do'a Orang Tua (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhada.org – Seorang bijak pernah berkata “ Do’a orang tua itu senjata ampuh untuk menaklukan dunia dan seisinnya”.  Do’a orang tua merupakan salah satu senjata umat muslim yang paling ampuh untuk menaklukan apapun, baik dalam urusan dunia maupun akhirat.

Do’a dan  petuah bijaknya akan membawa dampak dan pengaruh yang sangat luar biasa bagi kehidupan manusia.

Bahkan dalam sebuah hadist Rasulullah disebutkan bahwasanya do’a orang tua merupakan satu diantara tiga do’a yang paling mustajabah dan tidak akan pernah ditolak oleh Allah SWT.

Sebagaimana keterangan dalam hadist Nabi di  bawah ini:

“ Ada tiga macam do’a yang mustajab, dan tidak ada keraguan didalamnya. Yaitu: do’a orang tua, do’a seorang musafir, dan orang yang terdzolimi” (HR.Bukhori)

Dari sini dapat ditafsirkan bahwasanya, do’a orang tua pada dasarnya memiliki keutamaan tersendiri. Hal ini tentu tidak tanpa alasan. Orang tua merupakan orang yang paling berjasa dalam kehidupan manusia.

Jasa dan pengorbanan mereka harus mendapatkan balasan yang setimpal. Salah satunya dengan mustajabahanya doa mereka.  Oleh karena itu do’a-do’anya diberi keistimewaan tersendiri oleh Allah SWT.

Sebagai orang tua  kita harus memastikan semua ucapan dan do’a yang kita keluarkan hendaknya yang baik-baik. Karena setiap apa yang kita ucapkan akan sangat mudah diijabah oleh Allah SWT.

Salah seorang  ulama pernah berkata bahwasanya semakin kita keras untuk mendo’akan anak, semakin kita bersusah payah untuk mengusahakan yang terbaik. Maka kemulyaan seorang anak akan semakin dekat.

Baca Juga:  Keutamaan Membaca Doa Setelah Mendengarkan Adzan

Kekuatan do’a inilah yang sebaiknya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendo’akan anak agar menjadi anak yang sholih, anak yang sukses dunia akhirat dan do’a baik lainya.

Sebagai orang tua sudah seharusnya dan sudah menjadi kewajiban untuk terus mendoakan anak agar mendapat ridho dari Allah SWT dan mendapatkan kesuksesan baik di kehidupan dunia maupun akhirat.

Lalu apa saja sih amalan atau do’a yang bisa kita usahakan untuk kesuksesan anak dimasa yang akan datang. Berikut amalan atau do’a yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk kesuksesana anak.

  1. Membacakan Surah Al-Fatihah Setelah Sholat Fardhu.

Salah satu amalan yang sering dilakukan oleh para salaffussholih untuk menirakati anak adalah dengan menghadiahkan surat fatihah kepada anak setelah sholat fardhu.

Al-Fatihah memiliki berbagai keutamaan dan khasiat yang sangat luar biasa jika diamalkan secara istiqomah.

Dengan washilah surat Fatihah, kita juga sambil menaruh harap kepada Allah agar anak kita selalu diberi kemudahan dan kelembutan hati dalam menjalani kehidupan ini.

Bacaan Fatihah memiliki beragai fadhilah dan keutamaan tersendiri, utamanya jika kita khususkan untuk khajat atau keinginan tertentu.

  1. Memberikan Do’a Terbaik

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwasanya do’a orang tua merupakan do’a yang paling mustajab dan paling manjur dimuka ini. Oleh karenanya kita harus terus menerus mendo’akan anak dengan hal-hal yang baik.

Baca Juga:  Berharap Aktivitas Kita Diberkahi, Berikut Mujahadah Sebelum Subuh yang Bisa Diamalkan Setiap Muslim

Semakin kita sering mendoakan untuk kesuksesan anak maka kesempatan untuk terijabahnya do’a akan semakin besar. Apalagi do’a dari orang tua.

Do’a-do’a yang kita sampaikan pada dasarnya sebagai bentuk ibadah dan penghambaan kita kepada Allah agar kehidupan anak diberi kemudahan dan kesuksesan baik di dunia maupun akhirat.

Nah itulah beberapa amalan yang bisa dilakukan orang tua untuk kesuksesan anak. Semoga ada manfaatnya. [] Ridwan

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post