Ketahui dan Amalkan Kumpulan Doa Berikut agar Rezeki Menjadi Lancar

Doa Memperlancar Rezeki
Gambar Ilustrasi Doa Memperlancar Rezeki (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org-Rezeki merupakan segala sesuatu yang dilimpahkan oleh Allah SWT. kepada mahluk-Nya dan bermafaat serta berdaya guna bagi kehidupan mereka.

Rezeki berasal dari kata “rizq” yang bermakna pendapatan, kekayaan, nafkah berupa uang, maupun hal yang berguna, baik untuk fisik maupun jiwa. Buya Hamka sendiri mendefinisikan rezeki sebagai karunia atau pemberian yang dilimpahkan oleh Allah SWT kepada makhluk-Nya dan bermanfaat bagi kehidupan mereka.

Rezeki tidak semata-mata berupa harta dan benda, namun rezeki dapat berupa kesehatan, kesempatan, kecerdasan, dan berbagai hal lainnya yang bermanfaat serta berdaya guna bagi kehidupan seseorang.

Allah SWT telah menetapkan kadar rezeki seseorang sebelum mereka dilahirkan. Hal tersebut tertulis dalam Kitab Lauh Mahfudz. Allah SWT. berfirman dalam Q.S. Hud Ayat 6 yang berbunyi :

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Artinya : “Dan tidak ada satupun makhluk bergerak (bernyawa) di muka bumi melainkan semuanya telah dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediaman dan tempat penyimpanannya. Semua itu (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (Q.S. Hud Ayat 6)

Meskipun setiap mahluk di muka bumi telah dijamin rezekinya, namun tetap diperlukan usaha atau ikhtiar dalam memperoleh rezeki tersebut, misalnya dengan bekerja. Lantas, bagaimana cara agar seseorang dapat dengan mudah memperoleh rezeki mereka ?

Baca Juga:  Mengenal Keutamaan dan Amalan di Bulan Rajab

Terdapat beberapa doa yang dapat diamalkan untuk mempermudah perolehan rezeki. Doa-doa tersebut meliputi :

  1. Doa agar diberikan kelancaran dalam memperoleh rezeki

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk berkenan memberiku rezeki yang luas serta baik, tanpa payah. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

  1. Doa agar diberikan kelancaran dalam memperoleh rezeki sebelum beraktivitas

Dari Abu Hurairah R.A. dalam hadits Abu Dawud, dikatakan Rasulullah SAW. setiap paginya membaca sebuah doa. Bacaan yang sering dipanjatkan Rasulullah SAW. di pagi hari ialah sebagai berikut :

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Artinya : “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali.” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah)

  1. Doa agar diberikan kelancaran dalam memperoleh rezeki pada pagi hari

اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ وَمَلَائِكَتَكَ وَجَمِيعَ خَلْقِكَ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ

Artinya : “Ya Allah, aku berada di waktu pagi bersaksi atas-Mu, dan kepada para pembawa Arsy-Mu, kepada semua malaikat, dan kepada semua mahkluk-Mu, bahwa Engkau adalah Allah yang tidak ada Tuhan selain Engkau, dan Muhammad adalah hamba dan Rasul-Mu.” (HR Abu Daud).

Baca Juga:  Menyambut Ujian dengan Bismillah: Doa Amalan agar Dimudahkan dalam Menuntut Ilmu

Selain doa yang telah disebutkan di atas, masih terdapat banyak doa yang memiliki keutamaan untuk memperlancar rezeki seseorang yang mengamalkannya.

Perlu digaris bawahi bahwa dalam proses memperoleh rezeki yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. diperlukan usaha atau ikhtiar berupa ikhtiar lahir, misalnya bekerja dan ikhtiar batin dengan cara berdoa, dan bertawakkal kepada Allah SWT.

Sekian artikel yang dapat saya tulis. Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan dan kekurangan dalam karya tulis saya. [] Muhammad Khoirul Anwar

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post