Manfaat Sholawat Thibbil Qulub

Sholawat Thibbil Qulub
Gambar ilustrasi Sholawat Thibbil Qulub (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sebagai manusia terkadang kita pernah merasakan sakit, baik fisik ataupun hati. Ada yang namanya obat resep dokter, jika kita merasa tidak enak badan kemudian periksa hingga mendapatkan obat resep dokter.

Tapi jika hati yang sakit, kita tidak dapat meminta obat kepada dokter. Karena  sesungguhnya kesembuhan itupun datangnya dari Allah SWT.

Ada salah satu sholawat yang sering disebut dengan sholawat syifa, yaitu Sholawat Thibbil Qulub. Yang artinya Obat Hati. Dengan sholawat ini In Syaa Allah kita dapat membersihkan dan menenangkan hati serta mendapatkan berkah dari Allah. Berikut bacaan Sholawat Thibbil Qulub:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Artinya: “Ya Allah, curahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, serta sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya,”

Sholawat ini dapat di baca kapanpun, terutama saat hati merasa gelisah dan badan sakit. Adapun beberapa manfaat dari membaca Sholawat Thibbil Qulub, yaitu:

  1. Menenangkan Hati

Sholawat ini memiliki manfaat yang dapat menenangkan hati dan jiwa, seperti artinya yaitu obat hati. Melantunkannya dapat membuat perasaan tenang dan damai.

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah

Dengan mengingat dan memuji Allah perantara sholawat, kita dapat lebih dekat dengan Sang Pencipta yang memberikan kesembuhan hamba-Nya melalui perantara apapun itu yang telah menjadi kehendak-Nya.

  1. Pengampun Dosa
Baca Juga:  Besarnya Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar

Sholawat ini tidak hanya untuk menenangkan hati, tetapi untuk memohon pengampunan dosa-dosa kita juga. Dengan memperbanyak sholawat ini, kita berharap mendapatkan pengampunan dari Allah.

  1. Mendatangkan Berkah

Dengan sholawat ini juga diyakini dapat mendatangkan berkah dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Mengikuti Sunnah

Mengamalkan Sholawat Thibbil Qulub ini untuk mengikuti sunnah atau tindakan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Bahkan sholawat ini pun wasilah kepada beliau.

  1. Meningkatkan Keimanan

Melantunkan sholawat secara rutin dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang.

Itu dia beberapa manfaat dari Sholawat Thibbil Qulub, masing-masing setiap orang mungkin merasakan manfaatnya secara berbeda. Yang paling penting adalah niat dan ketulusan dalam melantunkan sholawat ini sebagai bentuk ibadah kepada Allah. [] Zahrotuz Zakiyah

Related Posts

Latest Post