3 Hak yang Harus Dipenuhi Orang Tua Kepada Anak Menurut Islam

Hak Anak yang Harus Dipenuhi Orang Tua
Gambar Ilustrasi Hak Anak yang Harus Dipenuhi Orang Tua (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Salah satu anugerah terbesar yang harus kita syukuri di dunia ini adalah di karunia anak yang sholih dan sholihah oleh Allah SWT.

Anak merupakan aset terbesar yang harus kita jaga dengan penuh kasih sayang dan kelembutan agar bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang kita dan Allah harapkan.

Bukan hanya sekedar menjadi kebanggaan duniawi semata, tapi anak juga harus bisa menjadi aset berharga  yang bisa membawa kita menuju surgaNya.

Memiliki seorang anak tentu bukan hal yang mudah, berbagai hal harus dipersiapkan dengan matang dan penuh pertimbangan. Karena ada dua kemungkinan yang bisa terjadi.

Jika anak tidak diberikan pendidikan agama yang baik oleh kedua orang tua maka bisa saja menjadi salah satu penyebab orang tua masuk neraka.

Karena pada dasarnya ketika anak tidak mengenal agama dengan baik akan dengan  mudah melakukan berbagai kemaksiatan dan meninggalkan kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Begitupun sebaliknya, apabila sedari kecil anak sudah dikenalkan dengan agama, prinsip hidup dan berbagai hal baik lainya. Maka anak ini bisa menjadi salah satu wasilah dipermudahnya orang tua untuk masuk surganya Allah.

Oleh karena itu, sebagai  orang tua kita  memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar untuk menemani dan membersamai anak agar bisa tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang taat dan bermanfaat.

Baca Juga:  Sumpah dalam Pandangan Islam dan Berbagai Macamnya

Bukan hanya sekedar menjalankan kewajiban sebagai orang tua, tapi orang tua juga harus bisa memenuhi hak-hak pada anak.

Lalu apa saja sih sebenarnya hak yang harus dipenuhi orang tua kepada anak? Berikut tiga hak yang harus dipenuhi orang tua kepada anak menurut Islam:

Telah dijelaskan dalam sebuah maqolah Arab yang berbunyi:

حق الولد على الوالد ثلاثة

Artinya: hak yang harus diberikan orang tua kepada anaknya itu tiga

Dari maqolah tersebut dapat disimpulkan bahwasanya orang tua setidaknya harus memenuhi tiga hak kepada anak yang terdiri atas sebagai berikut:

1. Memberikan Nama yang Baik

Ketika anak baru saja lahir tugas pertama yang harus dilakukan orang tua untuk memenuhi hak seorang anak adalah memberikan nama yang baik.

Nama adalah sebuah pengharapan. Dari nama yang disematkan mengandung berbagai doa dan pengharapan kepada Allah.

Oleh karena itu, tugas orang tua adalah memberikan nama yang baik sesuai dengan apa yang telah diajarkan dalam agama Islam.

Orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan nama yang baik kepada anak-anaknya. Hal inipun juga telah dijelaskan dalam Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi, Abu Nu’aim dan al-Dailami.

Dalam hadist ini Nabi SAW lain juga memerintahkan kepada umatnya agar memberikan nama yang baik dan indah, dan juga nama-nama yang dicintai oleh Allah SWT.

Baca Juga:  Kalian Wajib Tahu, Inilah Beberapa Adab yang Perlu Diperhatikan Ketika Berada di Dalam Masjid

Rasulullah dalam sebuah riwayat lain menjelaskan bahwasanya nam-nama yang baik dan yang indah adalah dengan menggunakan nama para Nabi atau nama-nama lain yang dicintai oleh Allah.

2. Mendidik Adab yang Baik

Memberikan pendidikan yang baik merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh  orang tua kepada anaknya.

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang memberikan arahan atau bimbingan menuju kepada hal-hal yang bisa membawa kebaikan, salahsatunya yakni adab atau akhlaq yang baik.

Memberikan pendidikan adab merupakan salah satu hal yang sangat krusial yang harus dipenuhi orang tua kepada anaknya. Adab akan berampak secara langsung bagi perilaku seorang anak dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya pendidikan adab  merupakan  hal utama yang harus diberikan.

Hal ini sejalan dengan Rasulullah SAW yang  diutus oleh Alllah di muka bumi ini untuk memperbaiki akhlaq atau etika pada ummatnya.

3. Mengajarkan Tentang Al-Qur’an dan Ilmu

Hak selanjutnya  yang harus dipenuhi oleh orang tua kepada anaknya  adalah mengajarkan ilmu Al-Qur’an dan ilmu-ilmu lain, utamanya ilmu agama.

Karena dengan ilmu Al-Qur’an dan ilmu agama inilah seorang anak dapat mengetahui apa yang menjadi kewajiban dan apa yang menjadi larangan dari Allah SWT.

Kehidupan yang didasari dan dilandasi oleh ilmu akan jauh lebih berdampak dan bermanfaat bagi semua. Karena pada hakikatnya ilmu adalah kunci dalam menaklukan kehidupan.

Baca Juga:  Memperbaiki Pola Pikir sebagai Bentuk SelfLove Guna Meningkatkan Syukur

Bahkan hukum menuntut ilmu dalam agama Islam merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan.

Itulah tiga hak yang harus dipenuhi oleh orang tua kepada anaknya agar kehidupan ini menjadi lebih terarah dalam menuju surgaNya. Semoga bermanfaat. [] Ridwan

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post