Inilah 5 Janji Allah untuk Mereka yang Mau Memperbaiki Sholatnya

Inilah yang Akan Didapatkan Jika Memperbaiki Sholat
Gambar Ilustrasi Inilah yang Akan Didapatkan Jika Memperbaiki Sholat (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sholat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam sebagai bentuk ketakwaan terhadap Allah SWT. Bukan hanya sebagai bentuk ibadah, sholat menghadirkan rahasia-rahasia besar bagi kehidupan manusia.

Allah SWT menjanjikan keistimewaan kepada manusia yang mau memperbaiki sholatnya baik ketika dia masih hidup di dunia maupun nanti setelah di akhirat.

Allah berjanji akan memberikan 5 keistimewaan kepada hambanya yang sholat dengan benar sesuai dengan tuntunan Nabi yang mana hal ini tidak akan diberikan pada orang yang tidak sholat ataupun orang yang sholat tapi sholatnya tidak seperti tuntunan Nabi.

Adanya ilmu fikih sholat bukan untuk membebani kita supaya rumit sholatnya, namun Nabi menginginkan setiap umatnya mendapatkan 5 keistimewaan ini.

Lalu apa saja 5 keistimewaan yang akan Allah berikan untuk orang yang mau memperbaiki sholatnya? Simak penjelasan berikut ini ya sobat jannah!

  1. Orang yang sholatnya benar dijamin oleh Allah pasti jadi orang baik

Sifat dan sikap dari orang yang sholatnya benar pasti baik. Hal ini terdapat dalam firman Allah Quran surat Al Ankabut ayat 45:

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

yang artinya: Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar.

Sholat yang dilakukan dengan benar akan mencegah seseorang dari 2 sumber keburukan. Keburukan yang pertama adalah fahsya’. Fahsya’ merupakan sumber keburukan yang dilakukan oleh hati yakni berupa nafsu, syahwat, dan sebagainya. Dan yang kedua adalah munkar, yakni keburukan yang dilakukan oleh jiwa seperti nafsu dari perut, dan akal. Contohnya seperti membunuh, merampok, mencuri, korupsi dan sebagainya.

  1. Hatinya cenderung tenang
Baca Juga:  Keistimewaan Malam Lailatul Qodar di Bulan Ramadhan yang Melimpah

Orang yang sholatnya benar hatinya cenderung tenang, hal ini dijelaskan dalam Quran surah Quran surah ke-13, yakni aurat Ar Ra’d ayat ke-28:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Yang artinya : (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allahlah hati menjadi tenteram.

Jika seseorang sholatnya benar maka hatinya pasti tenang. Hati yang tenang ketika dihadapkan pada masalah apa pun pasti akan biasa saja, yang berat jadi ringan yang ringan seakan tidak ada masalah.

  1. Allah akan berikan kemudahan dalam setiap persoalannya

Allah SWT berfirman dalam Quran surah ke-65, yakni surat At Thalaq ayat 2 sampai 3:

وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍقَدْرًا

yang artinya : Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya). Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya, sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

Allah akan memberikan jalan keluar / solusi dari setiap persoalan yang di alami hambanya yang sholat dengan benar. Semakin kita meningkatkan takwa kepada Allah maka Allah akan meringankan masalah kita hingga seakan-akan seperti tidak memiliki masalah. Telah di jelaskan juga dalam Q.S  Al Baqarah ayat 2-3, bahwa orang yang muttaqin adalah orang yang menyempurnakan sholat.

  1. Setiap doa yang ia mohonkan kepada Allah akan disegerakan untuk dijawab
Baca Juga:  Setelah Lewat Waktu Imsak Apakah Masih Boleh Makan? Mari Simak Penjelasannya!

Jika menurut manusia tidak mungkin terjadi maka kata Allah tidak ada yang mustahil. Hal ini merupakan suatu contoh di Quran surah ke-3, yakni Al Imron ayat 38-39.

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُۥ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

فَنَادَتْهُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَهُوَ قَآئِمٌ يُصَلِّى فِى ٱلْمِحْرَابِ أَنَّ ٱللَّهَ يُبَشِّرُكَ بِيَحْيَىٰ مُصَدِّقًۢا بِكَلِمَةٍ مِّنَ ٱللَّهِ وَسَيِّدًا وَحَصُورًا وَنَبِيًّا مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Yang artinya : Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”. Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan sholat di mihrab (katanya): “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang putramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh”.

  1. Hidupnya akan selalu bersanding dengan kesuksesan dan kebahagiaan

Apa pun pekerjaannya telah dijelaskan dalam Quran surah ke-23 ayat 1 dan 2

قَدۡ اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ وَالَّذِيۡنَ هُمۡ عَنِ اللَّغۡوِ مُعۡرِضُوۡنَۙ

Yang artinya :

  1. Sungguh beruntung orang-orang yang beriman,
  2. (yaitu) orang yang khusyuk dalam sholatnya,

Jadi ketika kita benar sholatnya, khusyuk ketika menunaikannya, maka Allah akan membimbing kita mencapai puncak kesuksesan terbaik dan bahagia hidupnya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai 5 keistimewaan untuk seseorang yang mau memperbaiki sholatnya. Semoga bermanfaat. [] Rosi Daruniah

Baca Juga:  Jarang yang Tahu, Inilah Pentingnya Membaca Surah An-Nas Sebelum Sholat

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post