Book Review ‘Ketika Barat Memfitnah Islam’

Buku Ketika Barat Memfitnah Islam
Buku Ketika Barat Memfitnah Islam

Judul : Ketika Barat Memfitnah Islam

Penulis : Dr. Lathifah Ibrahim Khadhar

Penerbit : GEMA INSANI

Terbit : 2005

Cetakan : Pertama, Februari 2005

ISBN : 979-561938-1

Tanggal review : 13 November, 2023

Ketika Barat Memfitnah Islam adalah sebuah buku yang ditulis oleh Lathifah Ibrahim Khadhar, seorang peneliti dan akademisi dari Kuwait. Buku ini membahas tentang bagaimana Barat, khususnya Amerika Serikat dan Eropa, telah melakukan berbagai upaya untuk melemahkan, menghancurkan, dan memfitnah Islam beserta umatnya.

Buku ini juga menawarkan beberapa solusi dan strategi untuk menghadapi tantangan dan ancaman yang dihadapi oleh umat Islam di era globalisasi ini, maka dari itu buku ini sangat cocok untuk generasi milenial yang ingin memperdalam sejarah islam dan barat, beserta dengan teori-teori dan gagasan yang di sajikan dalam buku ini.

Buku ini terdiri dari 4 bab yang membahas berbagai topik, seperti sumbangsih peradaban islam bagi kebangkitan eropa, Islam di mata barat, Sikap peradaban islam dan barat tehadap pluralits dan toleransi, sebuah gagasan untuk mengukuhkan citra islam yang hakiki dalam perspektif the others (pihak lain).

Di dalam buku ini para pembaca terutama orang-orang islam akan lebih mengenal sosok-sosok ulama dan pemikir muslim yang selama ini tertelan oleh peradaban dunia seperti; Al-Kindi, Al-Farabi, Ibnu sina, Abu Qasim, Ibnu Zuhr al-Asybili dan lain-lain. Buku ini juga dilengkapi dengan beberapa sumber referensi yang dapat membantu pembaca untuk memperdalam pengetahuan tentang topik-topik yang dibahas.

Baca Juga:  Supardi dan Kenangan

Buku ini merupakan sebuah karya yang penting dan relevan dengan kondisi dunia saat ini, di mana Islam seringkali menjadi sasaran serangan dan fitnah dari berbagai pihak. Buku ini dapat membuka wawasan pembaca tentang sejarah, pemikiran, dan perjuangan umat Islam dalam menghadapi hegemoni Barat. Buku ini juga dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembaca untuk lebih mencintai, memahami, dan membela agama Islam.

Penulis sadari bahwa telah banyak kritik yang telah muncul dari buku ini, namun di sini saya ingin menekankan bahwa bagi kalian yang belum tahu banyak mengenai sejarah atau konflik antara islam dan barat, alangkah baiknya disaat mengkritisi buku ini perlu bimbingan dari guru atau dosen kalian. Sebab buku ini menurut penulis sangat bersifat emosional dikhawatirkan akan timbul sikap kebencian terhadap barat di benak para pembaca.

Buku ini cenderung mengagungkan dan membenarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan Islam, tanpa mempertanyakan atau mengevaluasi apakah ada hal-hal yang perlu diperbaiki atau dikembangkan dalam Islam itu sendiri. Buku ini juga tidak mengakui adanya masalah atau konflik internal yang ada di dalam umat Islam. Namun terlepas dari semua itu, buku ini tetaplah menjadi sumber dari catatan sejarah yang sangat langka dan dirangkai dengan sangat sistematis dari abad pertengahan eropa hingga sampai pada masa kontemporer saat ini.

Baca Juga:  Nikmati Masa Sehatmu Sebelum Masa Sakitmu

Reviewer: Rifki Arif Maulana (Mahasiswa Program Studi Hukum Tata Negara UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Related Posts

Latest Post