Keutamaan membaca kalimat Tasbih

Membaca Kalimat Tasbih
Gambar Ilustrasi Membaca Kalimat Tasbih (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Salah satu dzikir yang sering kita ucapkan selepas sholat wajib yaitu kalimat Subhanallah, arti Subhanallah yaitu Mahasuci Allah.

Kalimat Subhanallah merupakan kalimat thayyibah yang dianjurkan untuk dibaca, karena banyak sekali manfaat dan faedah yang akan kita dapatkan. Kalimat Subhanallah termasuk kalimat yang paling dicintai oleh Allah SWT.

Perintah Menyucikan Allah SWT dengan membaca kalimat Subhanallah terdapat dalam Al-Qur`an pada surah Al-Isra` ayat 44 yang berbunyi

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمٰوٰتُ السَّبْعُ وَا لْاَ رْضُ وَمَنْ فِيْهِنَّ ۗ وَاِ نْ مِّنْ شَيْءٍ اِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهٖ وَلٰـكِنْ لَّا تَفْقَهُوْنَ تَسْبِيْحَهُمْ ۗ اِنَّهٗ كَا نَ حَلِيْمًا غَفُوْرًا

Artinya: “Langit yang tujuh, bumi, dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.”

(Q.S Al-Isra` 17: Ayat 44)

Dalam sebuah hadits juga terdapat perintah untuk memuji Allah SWT dengan kalimat thayyibah atau kalimat baik.

كَلمَتَان خَفَيْفَتَانِ عَلَى النِّسَانِ ثَقِيْلَتَانِ فِي الْمَيْزَانِ حَبَيبَتَانَ إِلَى الرَّحْمَن سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهُ الْعَظِيْمِ

Terjemahan: “Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai oleh (Allah) Yang Maha Pengasih, yaitu kalimat subhanallah wabihamdihi subhanallahil ‘azhim (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya, Mahasuci Allah Yang Maha Agung.)”

(HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:  Bagaimana Niat Berpuasa Di Bulan Ramadan?

Beberapa keutamaan memperbanyak membaca kalimat Subhanallah atau yang biasa disebut kalimat Tasbih diantaranya yaitu:

  1. Memperoleh seribu kebaikan dalam sehari

Keika kita sekali membaca kalimat tasbih Subhanallah, maka kita akan memperoleh sepuluh kebaikan. Dan apabila kita membaca sebanyak seratus kali, maka hal itu setara dengan seribu kebaikan.

Dalam sebuah kisah diceritakan oleh Mus’ab bin Sa’d bahwasanya Rasulullah SAW pernah menawarkan amalan yang dapat memberikan seribu kebaikan setiap hari.

Pada saat itu, Rasulullah SAW memerintahkan untuk membaca tasbih sebanyak seratus kali dengan ganjaran pahala kebaikan sepuluh kali lipat atau setara dengan seribu kali.

Dengan memperbanyak mengucapkan tasbih kita akan memperoleh kebaikan berkali lipat, ganjaran serta kebaikan akan kita peroleh.

  1. Dosa-dosa kita akan terhapuskan walaupun sebanyak buih di lautan

Sebagai seorang hamba tentu kita tidak luput dari dosa dan kesalahan, dengan memperbanyak kalimat tasbih Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita walaupun sebanyak buih di lautan.

Sebagaimana terdapat dalam sebuah Hadits, Rasulullah Shallallahu`alaihi Wasallam bersabda

مَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ حُطَّتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ .

“Barangsiapa yang membaca subhanallahi wa bihamdih (Mahasuci Allah dan dengan memuji-Nya) dalam sehari sebanyak serratus kali, dosa-dosanya akan dihapus sekalipun sebanyak buih di lautan.” (HR Bukhari)

  1. Memperoleh pahala yang amat besar

Rasulullah SAW pernah ditanya, “Perkataan apa yang paling utama?”, beliau kemudian menjawab, “Yang dipilih oleh Allah bagi para malaikat dan hamba-hamba-Nya, yaitu Subhanallah wabihamdihi (Mahasuci Allah dengan segala puji bagi-Nya).”

Baca Juga:  Meraup pahala dan Fadhilah dari Baqiyatus Shalihat

Dengan memperbanyak membaca Subhanallah kita akan mendapatkan pahala yang amat besar, karena kalimat Subhanallah merupakan kalimat yang paling dicintai oleh Allah SWT.

  1. Terhindar dari gangguan dan kesulitan

Dengan memperbanyak kalimat tasbih kita akan terhindar dari gangguan serta kesulitan yang tidak kita sukai, dan kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, sebagaimana terdapat dalam Firman Allah pada surah Thaha ayat 30

فَاصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوْبِهَا ۚوَمِنْ اٰنَاۤئِ الَّيْلِ فَسَبِّحْ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضٰى

Artinya: “Maka, bersabarlah engkau (Nabi Muhammad) atas apa yang mereka katakan dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam. Bertasbihlah (pula) pada waktu tengah malam dan di ujung siang hari agar engkau merasa tenang.” (Q. S Thaha ayat 30)

Itulah beberapa manfaat membaca kalimat tasbih yang akan kita peroleh ketika kita sering membacanya, dan Allah sangat mencintai kalimat Subhanallah ini, sehingga kita dianjurkan untuk memperbanyak membacanya. [] Puan Sukowati

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post