Esensi Barokah Dalam Agama Islam Yang Memiliki Banyak Sekali Keutamaan Namun Jarang Orang Ketahui

Keutamaan Barokah
Gambar ilustrasi keutamaan barokah (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Dalam agama islam banyak hal yang kita pelajari sebagai umat dari agama mulai dari ibadah, ilmu didalam agama islam, hingga aturan ataupun syariah didalamnya.

Sehingga kita dapat menjalankan kehidupan sehari – hari sesuai dengan aturan dalam agama islam. Selain itu kita juga dapat belajar mengenai banyak hal yang menarik dalam agama islam itu sendiri.

Dalam ilmu – ilmu yang diajarkan dalam agama islam kita juga diajarkan bagaimana untuk bersikap dan menjalankan kehidupan sehari- hari kita sesuai dengan prinsip agama kita.

Dengan ajaran tersebut kita dapat melihat bagaimana seorang muslim yang baik menjalankan kehidupannya. Dan hasil dari sikap kita sebagai seorang muslim akan membawa manfaat tersendiri bagi diri kita ataupun orang lain.

Salah satu hal yang bisa kita dapatkan dari sikap kita sebagai seorang muslim adalah barokah. Mungkin banyak orang yang masih belum tahu apa itu barokah dalam kehidupan seorang muslim. Mungkin ada juga yang pernah mendengar kata ini tapi belum tahu apa esensi dari barokah itu sendiri.

Istilah barokah sendiri mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia ketika zaman walisongo dimana mereka menyebarkan agama islam pada saat itu dengan budaya tahlilan dan para peserta tahlil membawa “berkat” yang mana berupa nasi dengan beberapa lauk untuk dibawa pulang ke rumah masing – masing.

Baca Juga:  Menangislah! Tapi Jangan Salah Arti

Sejak saat itu kata berkat lama – kelamaan banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas apalagi oleh umat islam disana. Selain itu kata berkat juga memiliki nama lain yaitu barokah dengan konteks yang hampir sama. Dimana biasanya istilah ini digunakan untuk orang – orang kalangan pesantren yang sedang menuntut ilmu disana.

Barokah sendiri dalam istilah pesantren memiliki makna “jalbul khair” atau dalam bahasa indonesia adalah membawa kebaikan. Ia menjadi prinsip bagi seluruh penghuni pesantren yang mana seluruh kegiatan yang mereka lakukan didalam pesantren hanya bertujuan untuk mendapatkan barokah sebanyak mungkin.

Esensi dari barokah itu sendiri tidak bisa ditakar dengan harta ataupun kenikmatan semata dalam diri seseorang. Tapi barokah itu sendiri dapat membawa berbagai kebaikan dalam kehidupan seseorang dengan berbagai keadaan. Yang lebih istimewa barokah akan terus mengalir tanpa henti didalam hidup kita bahkan sampai kita meninggal sekalipun.

Hal inilah yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang islam padahal ia memiliki keutamaan yang sangat besar dalam kehidupan. Karena itu kita sebagai seorang muslim hendaklah untuk mengejar barokah sebanyak – banyaknya. Baik itu barokah dari Allah SWT, Rasulullah SAW, para kyai, alim ulama’, guru, orang tua, dsb.

Mengejar barokah bisa dilakukan dengan melakukan amalan – amalan baik, melakukan hal baik pada orang lain dengan ikhlas, menghormati kyai, guru, dan orang tua kita dengan sepenuh hati, dan hal – hal lain yang merujuk pada kebaikan.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memilih Sahabat? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Nantinya barokah akan datang dengan sendirinya meskipun kita tidak bisa merasakannya secara langsung, tapi pasti akan bermanfaat dimasa mendatang. [] Idha Fitri Nuril Layliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post