Menumbuhkan Keyakinan Kepada Allah SWT Disaat Iman Melemah

Meningkatkan Iman
Gambar ilustrasi meningkatkan iman (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Iman merupakan salah satu unsur penting dalam hidup manusia. Iman dapat menumbuhkan keyakinan kuat seorang hamba kepada Allah SWT. Sebagai manusia dengan keterbatasannya, iman kadang naik dan turun (melemah).

Maka dari itu, perlu usaha dan kesungguhan agar iman tetap dalam kondisi teguh. Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan kuatnya iman seorang manusia.

Di antaranya merasakan ketenangan, pondasi dalam melakukan banyak ikhtiar kebaikan, dll. Namun, tidak jarang sebagai manusia biasa, tentu pernah mengalami lemanya iman.

Bagaimana agar manusia bisa menumbuhkan keyakinannya di saat iman melemah? Berikut ini usaha yang bisa dilakukan saat iman mulai melemah, yuk simak dan dicoba!

  1. Belajar dan carilah ilmu tentang Islam

Bisa dengan merenungkan ayat-ayat Allah dalam Qur’an, datang ke pengajian, dsb. Ternyata ada banyak hal, kebaikan, pengetahuan yang belum kita tahu tentang Islam.

Barangkali itu yang mnejadi alasan, kenapa kita seringkali ragu, dan iman naik turun. Sebab, kita belum banyak tau.

  1. Mulai jalin hubungan dan koneksi yang kuat dengan Al Qur’an

Kapan terakhir kali kita membaca Al-Qur’an dan merenungkan artinya? Apakah air mata kita pernah menetas mendengar lantunan Al Qur’an? Atau malah karena galau yang tidak jelas dengan hal yang Allah haramkan?

Mulai hari ini, ayo luangkan waktu untuk memahami Al Qur’an. Jangan menunggu luang waktu, sebab manusia selalu merasa kurang waktunya.

  1. Perbaiki tata cara shalat
Baca Juga:  Kepedulian Kecil Memberi Kebahagiaan yang Membesarkan Hati

Perbaiki tata cara shalatmu, lamakan sujudmu. Jangan-jangan dalam shalat saja kita sering terburu-buru. Dalam berdoa, padahal kita yang butuh, tapi dengan tergesa-gesa.

Mulai hari ini, berjanjilah untuk menikmati shalatmu. Resapi setiap bacaan yang terucap. Sesungguhnya setiap bacaan dalam shalat adalah doa.

Maka, berdoalah dengan khidmat dan khusyuk. Semoga Allah berkenan menerima shalat kita sebagai suatu ibadah.

  1. Ingatlah Allah SWT setiap saat

Salah satu cara mengingat Allah adalah dengan berdzikir. Berdzikir (mengingat Allah) bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya.

  1. Mohon ampun dan bertaubatlah

Jika kita merasa melakukan kesalahan dan berdosa, mohon ampun dan bertaubatlah. Jangan malah melakukan lebih banyak dosa dan berlaku seperti tidak ada apa-apa.

Sesungguhnya, Allah SWT Maha Teliti atas apa yang dikerjakan hamba-Nya. Allah lebih menyukai hambanya yang bertaubat lalu memperbaiki diri.

  1. Kelilingi diri dengan lingkungan yang supportif dan mendukung pada kebaikan

Jangan menjerumuskan diri pada kerusakan dengan salah memilih lingkungan. Seandainya tidak ada lingkungan yang mendukungmu pada kebaikan. Maka, jadilah kamu yang pertama membuat lingkungan itu.

  1. Merenungi tanda-tanda kekuasaan Allah pada setiap ciptaan-Nya

Renunungilah tanda-tanda kekuasaan Allah pada setiap ciptaan-Nya. Bagaimana Allah menggerakkan malam ke pagi dan pagi ke malam.

Udara yang kita hirup saat ini, dari mana? Usia yang masih kita miliki saat ini, atas kebaikan siapa?

  1. Kembalikan pada Allah setiap urusan
Baca Juga:  Cari Tahu Nama-Nama Setan Beserta Tugasnya? Simak Berikut Ini!

Allah tidak akan memberikan suatu urusan melebihi kemampuan hamba-Nya. Jika, kamu merasa berat akan suatu hal, sampaikan pada-Nya.

Kembalikan segala urusan bahkan dari yang kecil sekalipun. Sebab, Allah lah yang memberikan kehidupan. Hanya kepada Allah saja segala sesuatu dikembalikan.

  1. Berusaha dan upayakan hidup sesuai prinsip Islam

Pelajarilah dengan benar apa yang Allah perintahkan dan larang. Jadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup. Ajaran islam sebagai rules menjalani hidup agar tidak menyeleweng dari perintah-Nya.

Sesungguhnya untuk bisa kembali menguatkan iman seorang manusia tidaklah mudah. Namun, bukan berarti tidak mungkin, melainkan harus diusahakan.

Namun, perlu ketekunan, sabar, dan ketulusan agar bisa menjemput hidayah Allah SWT. Semoga melalui langkah-langkah di atas yang dilakukan secara konsisten. Kita dapat semakin dekat dan memiliki iman yang teguh kepada Allah SWT, aaminn ya rabbal alamin. [] Khasiatun Amaliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post