Cara Rasulullah SAW Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Menurut Buku Karya Gamal Komandoko

Sehat dan Bugar
Sehat dan bugar dengan cara Rasulullah Saw (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Rasululullah SAW adalah suri tauladan terbaik bagi umat manusia. Semua yang beliau lakukan penuh dengan hikmah, terkandung manfaat yang sangat luar biasa dan besar bagi manusia.

Salah satu aspek penting yang patut kita contoh adalah bagaimana Rasulullah SAW menjaga kesehatan tubuhnya.

Dalam buku karya Gamal Komandoko, kita dapat menemukan sejumlah tips sehat dan bugar yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Artikel ini akan mengulas beberapa di antaranya.

  1. Perhatikan yang Masuk ke Perut

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW mengibaratkan makanan sebagai sumber penyakit, dan lambung di dalam perut sebagai sumber penyakit juga. Beliau juga mengajarkan pentingnya menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Hal ini mengingatkan kita bahwa kita harus teliti dan hati-hati memasukkan makanan ke dalam tubuh kita. Gamal Komandoko menjelaskan bahwa makanan yang kita konsumsi seharusnya memenuhi kebutuhan nutrisi kita dan sekaligus menjauhkan kita dari makanan yang berpotensi merugikan kesehatan.

  1. Makan dengan Porsi Sedikit

Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk makan dengan porsi sedikit. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, beliau bersabda, “Orang yang beriman makan untuk satu perut. Orang yang kafir makan untuk tujuh perut.”

Dari hadis ini, kita dapat belajar bahwa mengatur porsi makanan adalah bagian penting dari menjaga kesehatan. Makan dalam porsi sedikit dapat membantu menghindari kelebihan kalori dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan pola makan berlebihan.

Baca Juga:  Siapa Nih yang Masih Canggung? Ini Lah Beberapa Keutamaan Mencium Tangan Orang Tua

Selain itu, Rasulullah SAW mengajarkan untuk memulai dan mengakhiri makan dengan doa, serta menyempurnakan pengunyahannya setidaknya 30 kali sebelum menelannya.

Perilaku Rasulullah SAW ini merupakan salah satu praktik yang baik untuk mengingatkan kita untuk bersyukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT dan untuk menghindari makan dengan tergesa-gesa.

  1. Berpuasa

Salah satu tips sehat ala Rasulullah SAW adalah berpuasa. Puasa adalah ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam, dan Rasulullah SAW sendiri melaksanakannya secara rutin. Puasa Ramadhan adalah puasa wajib selama sebulan setiap tahunnya, dan ini merupakan salah satu cara untuk membersihkan tubuh dan jiwa kita.

Selain puasa Ramadhan, Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk berpuasa tiga hari setiap bulan. Puasa juga memiliki manfaat spiritual yang besar, karena membantu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan kesadaran spiritual. Dengan berpuasa, kita dapat mengendalikan nafsu dan emosi kita, serta meningkatkan kualitas ibadah kita.

  1. Tidur yang Berkualitas

Rasulullah SAW juga memberikan petunjuk tentang tidur yang berkualitas. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, beliau mengajarkan bahwa ketika hendak tidur, kita harus berwudhu terlebih dahulu seperti wudhu untuk shalat.

Setelah itu, kita disarankan untuk berbaring ke arah kanan dan berdoa sehingga dengan cara ini tidur kita akan lebih nyenyak dan membantu kita bangun lebih segar.

Baca Juga:  Ingin Kesehatan Kamu Tetap Prima? Yuk Terapkan Tidur yang Berkualitas Ala Rasulullah SAW

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik kita. Selama tidur, tubuh kita melakukan pemulihan dan perbaikan. Dengan mengikuti tuntunan Rasulullah SAW dalam hal tidur, kita dapat meningkatkan kualitas tidur kita dan menjaga kesehatan.

Dalam buku karya Gamal Komandoko, kita dapat menemukan banyak lagi tips sehat dan bugar yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Semua petunjuk yang ada dalam buku ini memiliki dasar agama dan juga ilmiah yang kuat. Dengan mengikuti contoh dan ajaran Rasulullah SAW, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan jiwa kita dengan lebih baik.

Oleh karena itu, mari kita terapkan tips sehat ala Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadi contoh bagi orang lain dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam menjalani hidup sehat dan bugar sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. [] M. Akiyasul Azkiya

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post