Keutamaan Membaca Doa Setelah Mendengarkan Adzan

Doa Setelah Adzan
Doa Setelah Adzan yang memiliki banyak keutamaan (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Setiap hari kita selalu mendengarkan kumandang adzan. Sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai umat Islam untuk menjawab dan memenuhi panggilan adzan sebagai pertanda masuknya waktu sholat fardlu.

Adab yang seharusnya kita ajarkan kepada anak-anak ialah dengan cara menghentikan seluruh aktivitas pada saat mendengar seruan adzan. Sebab semakin mileniel era sat ini, adab tersebut semakin luntur dan tergores oleh urusan-urusan duniawi.

Mendengarkan adzan bukanlah perkara yang boleh dibuat remeh dan sepele. Berangkat dari hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab shahihnya dari Jabir bin Abdillah, bahwasanya setelah mendengarkan adzan Rasulullah memerintahkan kita untuk membaca sebuah doa. Di dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW. bersabda :

“Barang siapa setelah mendengar adzan mengucapkan ‘Allaahumma Rabba hadzihid da’wati at-taammati, wasshalaatil qaaimati, aati sayyidanaa Muhammad al-washilah wal fadliilah, wad-darajatar rafiiah wab’atshu maqaaman mahmuudan alladziiwa’adtah’, maka dia akan mendapatkan syafaatku kelak.”

Atas dasar hadits tersebut kemudian disunnahkanlah umat Islam untuk membaca doa setelah selesai mendengarkan adzan. Adapun doa lengkap sesudah mendengarkan adzan sesuai hadits diatas adalah sebagai berikut:

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِالْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُمَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan sholat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karunia-Mu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan.”

Salah satu keutamaan yang sangat disayangkan untuk dilewatkan ketika mendengarkan adzan ialah berdoa. Perlu kita ketahui, waktu antara adzan dan iqamah merupakan waktu yang sangat mustajab untuk dipakai berdoa, hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah dalam sebuah hadits yang artinya sebagai berikut:

Baca Juga:  Hadapi Ujian Dengan DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakal)

“Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak.” (HR. Abu Dawud)

Oleh karenanya, setelah kita mengetahui bahwa waktu tersebut sangat mustajab dipakai untuk berdoa, hendaknya kita menyempatkan berdoa yang baik-baik walaupun sebentar.

Keutamaan-keutamaan lainnya dari membaca doa setelah selesai mendengarkan adzan diantaranya Allah swt menjanjikan surga di akhirat kelak, membaca doa setelah selesai mendengarkan adzan setara dengan 10 kali membaca sholawat, mendapat syafa’at Rasulullah, dan insyaallah akan dikabulkan doa-doamu. [] Nihayatur Rif’ah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post