Kamu Harus Tahu! Inilah Bacaan Shalat yang Wajib Terdengar oleh Telinga Sendiri

bacaan shalat yang wajib diucapkan hingga terdegar oleh diri sendiri
Gambar ilustrasi bacaan shalat yang wajib diucapkan hingga terdegar oleh diri sendiri (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Shalat merupakan ibadah wajib bagi umat islam. Dalam sehari, umat islam wajib menjalankan shalat sebanyak lima kali.

Dalam shalat terdapat rukun yang merupakan hal pokok dan tidak boleh kita tinggalkan dalam shalat. Jika kita tidak menjalankan salah satu rukun shalat, maka shalat kita bisa dianggap tidak sah.

Secara umum rukun shalat terbagi menjadi tiga, yaitu rukun qalbi, rukun fi’li, dan rukun qauli. Rukun qauli adalah rukun yang melibatkan hati contohnya niat. Sedangkan rukun fi’li merupakan rukun yang berupa gerakan-gerakan shalat.

Sementara rukun qauli sendiri merupakan rukun shalat yang berupa bacaan-bacaan. Bacaan dalam shalat berbeda dengan niat yang tempatnya di hati. Bacaan shalat harus diucapkan minimal terdegar oleh diri sendiri.

Lantas apa saja bacaan-bacaan dalam shalat yang wajib diucapkan? Simak penjelasannya berikut!

Menurut mazhab Syafi’i, terdapat empat bacaan dalam shalat yang pengucapannya tidak hanya di dalam hati, melainkan wajib terdengar minimal oleh diri sendiri.

Apabila pengucapan bacaan-bacaan ini dilakukan hanya dalam hati tanpa dilafalkan, maka shalatnya dikatakan tidak sah atau batal. Ketentuan ini berlaku untuk sholat berjamaan maupun sholat sendiri.

Berikut empat bacaan yang wajib terdengar minimal oleh diri sendiri menurut mazhab Syafi’i:

1. Takbiratul ihram

Bacaan takbiratul ihram termasuk dalam rukun qauli. Ketika membacanya wajib terdengar minimal oleh telinga sendiri.

Baca Juga:  Anjuran Sholat Tahiyatul Masjid, Sudahkah Kamu Tahu?

Mengeraskan bacaan takbiratul ihram tidak hanya ketika menjadi imam, tetapi juga ketika menjadi makmum atau sholat sendiri. Minimal terdengar oleh diri sendiri.

2. Surat Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah adalah bacaan yang wajib dibaca dalam shalat. Shalat seseorang akan menjadi tidak  sah apabila tidak membaca Surah Al-Fatihah.

Surah Al-Fatihah juga termasuk rukun qauli, sehingga harus dibaca hingga terdengar sampai ke telinganya sendiri.

3. Tasyahud Akhir

Tasyahud akhir juga merupakan bacaan yang tidak boleh terlewatkan dalam shalat. Jika seseorang tidak membaca tasyahud akhir, maka shalatnya tidak sah.

Tasyahud akhir juga merupakan rukun qauli, yang mana harus dibaca hingga terdengar minimal oleh telinga sendiri.

4. Salam

Salam juga merupakan rukun qauli yang mana ketika membacanya harus terdengar oleh telinga sendiri.

Itulah beberapa bacaan shalat yang wajib diucapkan dan terdengar minimal oleh telinga sendiri. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar shalat kita menjadi sah. [] Mohammad Rizal Ardiansyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post