Perempuan dalam Pandangan Islam: Mulia, Berharga, dan Penuh Peran

Ilustrasi gambar kemuliaan perempuan daalam pandangan Islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Perempuan merupakan tiang kokoh penyangga dalam kehidupan. Perempuan  dikaruniai oleh Allah SWT dengan fitrah dan peran istimewa dalam Islam. Pandangan Islam mengenai perempuan jauh dari gambaran yang seringkali disalahartikan.

Dalam masyarakat perempuan sering kali hanya diartikal sebagai objek seksual,makhluk yang lemah yang butuh perlindungan dari seorang laki-laki dan lain sebagainya.

Padahal Perempuan dalam Islam tidak hanya dilihat sebagai makhluk yang perlu dilindungi, tetapi juga sebagai individu yang memiliki hak-hak dan tanggung jawab yang sama dengan laki-laki.

Islam menempatkan perempuan pada posisi yang terhormat. Hal ini ditegaskan dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 32 :

Janganlah kamu berangan-angan (iri hati) terhadap apa yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. Bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Kedudukan ini setara dengan laki-laki dalam hal kemanusiaan dan hak-haknya.

Islam juga mengajarkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam banyak aspek kehidupan.

Dalam Al-Qur’an QS. Al-Ahzab ayat 35 :

Sesungguhnya muslim dan muslimat, mukmin dan mukminat, laki-laki dan perempuan yang taat, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan penyabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kemaluannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, untuk mereka Allah telah menyiapkan ampunan dan pahala yang besar.

Baca Juga:  Kenali Dan Pahami! Ibadah Seperti Apakah yang Lebih Utama Di Mata Allah?

Perempuan dalam Islam memiliki hak penuh atas dirinya, hartanya, dan kehidupannya.

Mereka berhak mendapatkan pendidikan, bekerja, memilih pasangan hidup, dan aktif dalam berbagai bidang kehidupan.

Islam juga menjamin hak mereka atas harta warisan, nafkah dari suami, dan perlindungan dari segala bentuk kekerasan.

Perempuan memiliki peran sentral dalam keluarga sebagai ibu dan pendidik generasi penerus.

Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya, menanamkan nilai-nilai moral dan agama sejak dini.

Peran perempuan dalam mendidik anak-anak sangatlah penting dalam membentuk generasi yang berkualitas dan berakhlak mulia.

Di luar rumah, perempuan juga memiliki peran penting dalam masyarakat.

Islam tidak membatasi ruang gerak perempuan untuk berkarya dan memberikan kontribusi positif. Perempuan didorong untuk aktif dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Dalam pandangan Islam, perempuan dihargai atas peran mereka sebagai ibu, istri, dan anggota masyarakat.

Islam mengajarkan bahwa memberikan penghargaan dan perlindungan kepada perempuan adalah suatu kewajiban. Rasulullah SAW sendiri memberikan contoh perlakuan yang baik terhadap perempuan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk memuliakan ibu dan mendukung hak-hak perempuan dalam keluarga dan masyarakat.

Islam mengakui peran penting perempuan dalam membangun masyarakat. Meskipun perempuan dalam Islam diberikan hak untuk mendapatkan pendidikan, bekerja, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial,

Islam juga menempatkan perempuan dalam peran yang mulia sebagai ibu dan pengasuh yang bertanggung jawab atas pembentukan generasi yang baik.

Baca Juga:  Kisah Khalifah Umar dengan Pengembala Kambing

Pandangan Islam mengenai perempuan jauh dari gambaran yang seringkali disematkan. Islam memuliakan perempuan, memberikan hak-haknya, dan membuka ruang bagi mereka untuk berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa. [] Juliana Stefani

 

Editor : Moh. Aminudin

Related Posts

Latest Post