Wajib Diketahui! Berikut 3 Keutamaan yang Terkandung dalam Bulan Sya’ban

Keutamaan Bulan Sya'ban
Gambar Ilustrasi Keutamaan Bulan Sya'ban (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Bulan Sya’ban merupakan bulan ke-8 dalam penanggalan hijriah. Lebih tepatnya, Bulan Sya’ban berada diantara Bulan Rajab dan Bulan Ramadan.

Bila dilihat dari segi linguistik, Al-Imam ‘Abdurraḥman As-Shafury dalam literatur kitab momumentalnya “Nuzhatul Majalis wa Muntakhabun Nafa’is” mengatakan bahwa kata Sya’ban (شَعْبَانَ) merupakan singkatan dari huruf shin yang berarti kemuliaan (الشَّرَفُ), huruf ‘ain yang berarti derajat dan kedudukan yang tinggi yang terhormat (العُلُوُّ), huruf ba’ yang berarti kebaikan (البِرُّ), huruf alif yang berarti kasih sayang (الأُلْفَة), dan huruf nun yang berarti cahaya (النُّوْرُ).

Berdasarkan penjabaran tersebut, dapat dikatakan bahwa Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam.

Oleh karena itu, seluruh umat Islam berlomba-lomba untuk beribadah dan mengerjakan kebajikan di Bulan Sya’ban untuk mendapatkan keutamaan yang terkandung di dalamnya. Lantas, apa saja keutamaan yang terkandung dalam Bulan Sya’ban ?

Berikut merupakan 3 keutamaan yang terkandung dalam Bulan Sya’ban :

  1. Bulan Sya’ban merupakan bulan diangkatnya segala amal perbuatan manusia

Salah satu keutamaan yang dimiliki oleh Bulan Sya’ban adalah diangkatnya segala amal perbuatan manusia pada bulan tersebut. Rasulullah Saw. bersabda :

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya : “Bulan Sya’ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadhan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (H.R. Abu Dawud dan Nasa’i)

Baca Juga:  Ketahuilah! Hal yang Perlu Dilakukan Bagi Penuntut Ilmu

Berdasarkan hadist tersebut, dapat disimpulkan bahwa Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang amat penting karena pada bulan tersebut, segala amal perbuatan yang telah kita kerjakan akan diangkat.

Maka dari itu, Sebagian besar umat Islam berlomba-lomba dalam beribadah kepada Allah SWT., berbuat baik terhadap sesama, dan bertaubat.

Hal tersebut bertujuan agar ketika amal perbuatan kita diangkat, maka dosa yang kita miliki akan berkurang karena taubat yang telah kita lakukan serta pahala yang kita miliki juga akan bertambah karena segala ibadah dan amal baik yang telah kita lakukan.

  1. Terdapat sebuah malam di Bulan Sya’ban yang penuh ampunan dan keistimewaan

Malam penuh ampunan dan keistimewaan dalam Bulan Sya’ban adalah Malam Nisfu Sya’ban. Pada Malam Nisfu Sya’ban lah segala dosa (kecuali dosa musyrik dan orang yang sedang bertengkar) akan diampuni oleh Allah SWT. Hal tersebut dijelaskan dalam Kitab Syu’abil Iman, lil Baihaqi, juz 5 halaman 360, hadits nomor 3552 yang berbunyi :

أَخْبَرَنَا أَبُوْ بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدِ اللهِ الْمَنْصُوْرِيُّ النُّوْقَانِيُّ، بِهَا أَخْبَرَنَا أَبُوْ حَاتِمٍ مُحَمَّدُ بْنُ حَسَّانَ بْنِ أَحْمَدَ الْبُسْتِيُّ, نا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُعَافَى بِصَيْدَا، نا هِشَامُ بْنُ خَالِدٍ الْأَزْرَقُ، نا أَبُوْ خُلَيْدٍ وَهُوَ عُتْبَةُ بْنُ حَمَّادٍ، عَنِ الْأَوْزَاعِيِّ، وَابْنِ ثَوْبَانَعَنْ أَبِيْهِ، عَنْ مَكْحُولٍ، عَنْ مَالِكِ بْنِ يُخَامِرَ، عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:  يَطَّلِعُ اللهُ عَزَّوَجَلَّ إِلَى خَلْقِهِ فِي اللَّيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلَّا لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

Baca Juga:  Ternyata Inilah Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar

Artinya : “Dari Mu’adz bin Jabal, dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:”Allah memperhatikan kepada semua mahkluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban. Makai Dia memberi ampunan kepada semua mahkluk-Nya, kecuali kepada orang yang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (Syu’abil Iman, lil Baihaqi, juz 5 halaman 360, hadits nomor 3552)

  1. Terdapat sebuah malam dikabulkannya segala doa dalam Bulan Sya’ban

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam Bulan Sya’ban terdapat sebuah malam yang penuh dengan ampunan dan keberkahan.

Malam tersebut adalah malam Nisfu Sya’ban. Pada malam itu pula, segala doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. akan diterima. Rasulullah Saw. bersabda :

خَمْسُ لَيَالٍ لَا يُرَدُّ فِيْهِنَّ الدُّعَاءُ لَيْلَةُ الْجُمْعَةِ وَأَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَتَا الْعِيْدِ

Artinya : “(Terdapat) lima malam, di mana doa tidak ditolak di dalamnya, yaitu: malam Jumat, malam pertama dari bulan Rajab, malam pertengahan bulan Sya’ban, dan dua malam hari raya.” (H.R. Al-Baihaqi). [] Muhammad Khoirul Anwar

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post