Berolahraga dengan Niat Karna Allah Swt

Meniatkan Olahraga Karena Allah Swt
Gambar Ilusttrasi Meniatkan Olahraga Karena Allah Swt (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Para ulama setuju bahwa hukum olahraga dalam Islam adalah sunah atau dianjurkan selama pelaksanaannya sesuai dengan syariat islam.

Jika seorang muslim melakukan olahraga, itu tidak akan sia-sia bahkan jika dilakukan dengan niat mencari pahala dan ridho dari Allah SWT serta untuk kemaslahatan dirinya, agamanya, dan umat Islam secara keseluruhan. Jika tidak, itu akan menjadikan sesuatu yang kurang bermanfaat baginya.

Melakukan olahraga tidak harus olahraga yang mahal atau olahraga yang resikonya tinggi cukup melakukan olahraga-olahraga yang simple seperti lari contonya, lari adalah olahraga paling praktis dan mudah, bahkan menurut survei, mereka yang menyempatkan berlari sebelum bekerja, mereka akan melakukan sedikit kesalahan dan lebih berkonsentrasi sehingga lebih produktif.

Bahkan pada satu hadist meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah berlomba lari dengan istrinya (Aisyah)

Aku (‘Aisyah) pernah keluar bersama Rasulullah Saw., dan saat itu aku masih kurus. Ketika kami telah sampai di suatu tempat, beliau berujar kepada para sahabatnya: “Pergilah kalian terlebih dahulu!” Kemudian beliau menantangku untuk berlari, “Ayo kesinilah! aku akan berlomba denganmu!” kemudian beliau berlomba denganku, namun akhirnya aku memenangkan lomba tersebut.

Selain itu Rasulullah juga sangat menyukai olahraga memanah dan berkuda seperti diriwayatkan dalam hadist.

“Memanah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai daripada berkuda.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Hadits ini Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).

Baca Juga:  “No Pork No Lard” Apakah Tentu Halal?

Adapun fungsi olahraga menurut islam

  1. Menjaga diri dan memperkuat fisik seseorang agar senantiasa lancar dalam beribadah kepada Allah SWT
  2. Olahraga merupakan media untuk mempersiapkan muslim yang kuat untuk berjihat di jalan Allah SWT.
  3. Bentuk tanggung jawab seorang muslim atas badan yang di berikan oleh Allah SWT agar senantiasa dijaga kesehatan jasmani dan rokhaninya.

Dijelakan pada surat al-Anfal ayat 60 yang berbunyi

وَأَعِدُّوا۟ لَهُم مَّا ٱسْتَطَعْتُم مِّن قُوَّةٍ وَمِن رِّبَاطِ ٱلْخَيْلِ تُرْهِبُونَ بِهِۦ عَدُوَّ ٱللَّهِ وَعَدُوَّكُمْ وَءَاخَرِينَ مِن دُونِهِمْ لَا تَعْلَمُونَهُمُ ٱللَّهُ يَعْلَمُهُمْ ۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنتُمْ لَا تُظْلَمُونَ

Artinya: Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).

Dari hadist dan ayat Al-Quran di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa berolahraga sangat penting salam pandangan islam, jikamana niat dari seseorang itu benar,dengan berolahraga kita dapat menjaga kesehatan fisik kita sebagai bentuk ikhtiar kita untuk mempersiapkan muslim yang siap berjihat di jalan Allah SWT.  [] Muhammad Ikhsanudin

Baca Juga:  6 Olahraga yang Dianjurkan dalam Islam Berdasarkan Hadis Nabi

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post