Meditasi dalam Islam Sebagai Self-care

Meditasi dalam Islam
Gambar Ilustrasi Meditasi dalam Islam (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Perawatan pada diri sendiri atau yang biasa kita kenal dengan sebutan self-care adalah salah satu aktivitas seseorang untuk mengurangi stress, mengatur dan mengingkatkan kesejahteraan mental seseorang.

Dalam melakukan self-care perlu adanya kesadaran dari dalam diri seseorang itu sendiri. seseorang perlu memahami tentang pentingnya melakukan kegiatan self-care guna menyeimbangkan antara berbagai permasalahan yang dihadapi dan kehidupan yang harus dijalani.

Konsisten adalah salah satu kunci dari keberhasilan kegiatan self-care. Kegiatan self-care wajib dilakukan dalam jangka waktu satu sampai dua minggu sekali.

Ada banyak sekali cara dalam melakukan kegitan self-care yaitu mencakup aktivitas fisik, aktivitas psikologis, aktivitas spiritual dan juga aktivitas yang bisa dilakukan dengan orang terdekat.

Salah satu aktivitas self-care yang menggunakan aktivitas spiritual adalah dengan cara meditasi. Meditasi adalah cara yang baik untuk memurnikan pikiran sebagai wadah agar seseorang dapat menjalankan moralitas kehidupan ini.

Ketika seseorang melakukan meditasi, maka emosi yang ada dalam dirinya akan terkontrol dengan baik sehingga menjadikan emosi yang ada dalam tubuh menjadi stabil.

Ketika emosi yang berada dalam tubuh seseorang stabil maka seseorang akan mampu untuk mengendalikan dirinya dan ia akan mampu untuk melakukan aktivitas dengan normal.

Dalam islam meditasi dapat berupa banyak hal, karena ajaran islam selalu mengajarkan individu agar dapat berprilaku seimbang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Ada beberapa cara meditasi yang sesuai dengan ajaran islam yaitu

  1. Tafakkur yaitu berfikir dengan sengaja dan positif. Tafakkur adalah aktivitas yang sangat mudah untuk dilakukan dengan cara duduk diam selama lima menit setelah melakukan salat fardu. Diam sejenak dan renungkan tentang berbagai hal postif yang telah dilakukan, selalu ingat bahwa Allah akan selalu ada dan melindungi hambanya.
  2. Dzikir yaitu praktik meditasi yang paling sering digunakan dengan cara mengucap berulang ulang tentang pujian kepada Allah Swt. Meditasi ini membantu seseorang dalam berpikir dan berkonsentrasi dengan baik.
  3. Membaca Al-Quran yaitu salah satu bentuk meditasi yang paling mudah dan sangat bermanfaat. Ketika sseorang sedang mengalami hal buruk maka segeralah tarik nafas dalam dalam, mengambil wudhu dan membaca Al-Quran
  4. Menyendiri, praktik ini telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Yaitu Rasulullah Saw. Menyendiri di dalam Gua Hiro selama berhari-hari mencoba untuk memahami apa yang ada di sekitarnya. Mada zaman ini aktivitas tersebut sering kita sebutkan dengan istilah me time.
  5. Afirmasi positif pada diri sendiri yaitu dengan cara memperlakukan diri sendiri dengan sebaik mungkin. Dengan cara berterimakasih pada diri sendiri bahwa segala hal yang telah dilakukan hari ini dan kemarin adalah hal yang luar biasa. Selalu bersyukur juga merupakan afirmasi positif pada diri sendiri.
Baca Juga:  Yuk Pahami Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Islam

Hal-hal yang telah disebutkan diatas adalah beberapa dari banyaknya kegiatan meditasi dalam islam yang dapat seseorang lakukan dalam kehidupan sehari hari.

Cara-cara tesebut adalah suatu hal yang biasa kita lakukan . masih banyak lagi kegiatan self-care selain meditasi yang dapat kita lakukakn.

Lakukan kegiatan tersebut sesuai dengan kesukaan dan keinginan diri sendiri. jangan sampai kegiatan Self-care malah menadi sebuah beban yang akan menambah stress.  [] Nailah Maghfirah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post