Makna Pensil Dalam Kehidupan

Pensil memiliki makna mendalam dalam kehidupan
Gambar ilustrasi pensil memiliki makna mendalam dalam kehidupan (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Pada saat kegiatan belajar di sekolah atau perkuliahaan, kita sering menggunakan alat tulis yaitu pensil. Saat kita membeli pensil tersebut dalam keadaan tumpul, tentunya pensil tidak bisa digunakan dan tidak berguna untuk digunakan.

Ketika kita akan menggunakan pensil tersebut pensil harus di serut atau ditajamkan secara berulang-ulang agar terus berguna dari waktu ke waktu sampai masanya habis.

Proses penajaman pensil yang dilakukan secara berulang ini bisa kita analogikan dalam kehidupan sehari-hari ialah untuk membuat diri kita berguna dengan melalui proses penajaman ulang walaupun diri kita tidak mau ataupun tidak suka tetap harus dilakukan.

Proses penajaman ulang yang akan kita lalui bisa menjadi hal yang sangat membosankan, melelahkan dan bisa jadi menyakitkan. Dalam diri kita ada beberapa yang harus melalui proses penajaman, yaitu :

  1. Fisik

Fisik merupakan faktor awal yang harus dijaga kesehatannya, terutama dalam asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita dan jangan sembarangan dalam memberikan asupan makanan dan minuman yang kurang bergizi nantinya justru akan membuat kondisi kesehatan buruk.

Karena tubuh yang sering sakit dan tubuh yang kondisinya tidak terjaga kesehatannya tidak akan berguna bisa jadi akan sangat merugikan.

Akan banyak tugas atau pekerjaan yang terbengkalai karena tugas tersebut kita tunda dengan alasan sakit sehingga pastikan fisik kita berguna dengan melakukan proses penajaman ulang melalui asupan makanan dan minuman yang bergizi.

  1. Otak
Baca Juga:  Penting untuk Diketahui! Inilah Cara Agar Selamat dari Godaan Dunia

Otak juga harus di tingkatkan kualitasnya melalui proses penajaman dengan belajar bersungguh-sungguh. Jangan sampai program studi yang diminati ketika ditanya apa kompetensinya diri kita tidak paham apa kompetensi yang dimiliki pada program studi yang diminati tersebut.

Otak kita juga perlu dilatih dengan belajar bersungguh-sungguh dan salah satunya yaitu memperbanyak literasi membaca. Jangan sampai hal sederhana yang bisa dilakukan sendiri tetapi tidak mau melakukan akhirnya akan menyulitkan orang lain, sehingga otak yang kita punya tidak akan berguna kalau tidak ditingkatkan kualitasnya melalui belajar, melalui latihan dan melalui literasi.

Oleh sebab itu, dengan otak atau pola pikir yang selalu ditingkatkan kualitasnya kita akan mudah dalam menghadapi permasalahan hidup dan akan lebih mudah lagi untuk menemukan solusi yang terbaik karena faktor otak atau pola pikir yang selalu di upgrade.

Contohnya pada saat  masalah muncul pada kondisi otak atau pola pikir kita dalam keadaan A maka perlu meningkatkan grade atau kualitas otak atau pola pikir kita menjadi level B sehingga kita menemukan solusinya dan otak kita bisa berguna.

  1. Jiwa

Jiwa perlu ditingkatkan kesehatannya dengan meningkatkan :

  1. Tingkatkan hubungan vertikal dengan tuhanmu;
  2. Tingkatkan hubungan horizontal dengan sesamu. Hubugan horizontal bisa ditingkatkan dengan menumbuhkan rasa respect atau sikap peduli, cinta dan kasih terhadap sesama;
  3. Tingkatkan ibadahmu kepada tuhan dengan selalu berniat lurus karena untuk mencapai ridhonya Allah dan mendapat cintanya Allah. Dengan memiliki jiwa yang sehat kita bisa memperlakukan orang dengan penuh rasa hormat, menghargai, dan respect tetapi jika orang yang sakit jiwanya pasti perilaku dan omongan nya tidak menyenangkan.
  1. Mental
Baca Juga:  Al-A'raf Ayat 31: Pentingnya Menjaga Proporsi Dalam Segala Aspek Kehidupan

Mental juga penting dan menjadi faktor dalam proses kehidupan sehari-hari karena mental yang sehat memiliki karakter yang kuat dan akan terus bertumbuh dengan baik.

Mental yang ada di dalam jiwa tidak akan menolak dan selalu memiliki kesadaran yang penuh, contohnya ketika ada yang menyakiti dan menghalangi proses dalam kehidupan sehari-hari diri sendiri sadar bahwa kesulitan datang bukan untuk menghancurkan tetapi untuk melihat sejauh mana potensi dan kekuatan yang dimiliki.

Mental dan karakter seseorang tidak akan terbentuk baik apabila seseorang tersebut tidak pernah mengalami masa sulit, sedangkan mental yang sehat akan menjadikan pribadi yang kuat, tidak mudah mengeluh dan tidak mudah menyerah.

Pepatah mengatakan  “ tidak ada orang yang hebat dihasilkan dari sesuatu yang sifatnya aman aman saja, tetapi orang orang yang hebat dihasilkan dari ombak yang begitu luar biasa “

Terakhir simpan energi yang ada dalam diri jangan sampai terbuang sia-sia hanya untuk memikirkan orang-orang yang jiwanya sakit karena masih banyak rintangan dan urusan yang harus di lewati.

Jadilah orang yang selalu mengasah empat faktor proses penajaman dalam diri untuk kehidupan sehari-hari walaupun rasa membosankan, melelahkan, dan menyakitkan itu ada. [] Suci Afnia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post