Cerita Penamaan dan Sejarah Penting Pada Bulan Jumadil Awal, Berikut Penjelasan Singkatnya!

Setiap bulan Jumadil Awal merupakan musim dingin di Jazirah Arab
Setiap bulan Jumadil Awal merupakan musim dingin di Jazirah Arab (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Sebentar lagi tidak terasa akan memasuki bulan Jumadil Awal. Bulan Jumadil Awal memiliki nama lain yaitu Jumadil Ula. Jumadil awal merupakan salah satu nama bulan dalam kalender Islam dan termasuk urutan bulan kelima pada penanggalan hijriah.

Asal muasal penamaan bulan Jumadil Awal ini karena disesuaikan dengan musim atau cuaca di Tanah Arab, yaitu musim dingin. Hal ini sebagaimana pendapat dari Abu Sa‘id dalam kitab Lisanul ‘Arab. Nama Jumadil berasal dari kata “Jumada” yang berarti beku.

Pada bulan ini merupakan bulan atau waktu musim dingin di jazirah Arab. Udara yang berembus sangat dingin menusuk tulang hingga tidak pelak bisa menyebabkan mata air menjadi beku atau es batu. Musim dingin berlangsung selama dua bulan yaitu pada bulan Jumadil Awal dan Jumadil Akhir.

Terdapat beberapa peristiwa atau sejarah penting yang terjadi pada bulan Jumadil Awal yang perlu umat muslim ketahui.

  1. Pernikahan Rasulullah SAW dengan Sayyidatina Siti Khadijah

Istri pertama Rasulullah yakni Sayyidatina Siti Khadijah dinikahkan dengan Nabi Muhammad SAW pada bulan Jumadil Awal. Pada waktu itu, usia Rasulullah terpaut 15  tahun lebih muda dibandingkan Siti Khadijah. Nabi Muhammad SAW menikahi Khadijah dengan maskawin 20 ekor unta muda.

Rasulullah SAW diriwayatkan berusia 25 tahun, sedangkan Siti Khadijah berusia 40 tahun. Sayyidatina Siti Khadijah merupakan istri tercinta Rasulullah ketika Siti Khadijah masih hidup. Siti Khadijah mengabdikan seluruh hidupnya untuk membantu perjuangan dakwah Rasulullah SAW.

  1. Kelahiran Cucu Rasulullah SAW
Baca Juga:  Kisah Sebatang Pohon Kurma yang Merindukan Rasulullah Saw

Di samping memiliki cucu kembar bernama Hasan dan Husain, Rasulullah juga mempunyai cucu lain dari Ali bin Abi Thalib dan Fathimah Az-Zahra. Sayyidah Zainab merupakan cucu perempuan Rasulullah yang lahir di bulan Jumadil Awal tepatnya pada tanggal 5 Jumadil Awal 5 H.

  1. Perang Moota

Pertemputan Moota terjadi di sebuah kota di Suriah yang bernama Moota. Pada perang ini, Rasulullah langsung memerintahkan kepada Khalid bin Walid untuk menjadi panglima besar. Berkat jasa dan gigihnya Khalid bin Walid serta tidal pernah terkalahkan dalam setiap peperangan, membuat dia memiliki julukan “Pedang Allah SWT”.

  1. Wafatnya Para Sahabat Nabi Muhammad SAW

Di bulan ini, Rasulullah juga ditinggal wafat oleh para sahabatnya diantaranya seperti Zaid bin Haritsah (pemeluk Islam paling awal), Ja’far bin Abi Thalib (sepupu Rasulullah dan saudara kandung Ali bin Abi Thalib) serta Abdullah bin Rawaahah.

  1. Perjanjian Damai Al-Ashirah

Pada bulan Jumadil Awal tahun kedua hijriah, sempat akan berlangsung pertempuran atau perang Al-Ashirah yang langsung dikomandoi oleh Rasulullah SAW. Akan tetapi, tidak sampai terjadi peperangan dikarenakan telah disepakati perjanjian damai diantara pihak Nabi Muhammad dengan Bani Mudlij dan Bani Hamzah.

  1. Lahirnya Para Ulama Terkemuka

Sejarah penting juga terjadi pada bulan Jumadil Awal salah satunya yaitu lahirnya ulama besar dan termuka dalam peradaban dunia Islam. Contohnya seperti Imam Ghazali (450 H/1058 M) dan Imam Ali Zainal Abidin (38 H/658 M). [] Mohammad Fattahul Alim

Baca Juga:  Islam Nusantara? Berikut Kajian Sosio Historis Penggunaan Istilah Islam Nusantara di Indonesia

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post