Manfaat Membaca Ayat Kursi dan Waktu Yang Disunnahkan Untuk Membacanya

Ayat Kursi yang memiliki manfaat yang besar saat dibaca secara rutin
Ayat Kursi yang memiliki manfaat yang besar saat dibaca secara rutin (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Ayat Kursi adalah salah satu ayat dalam Al-Qur’an yang paling mulia dan memiliki banyak manfaat. Ayat ini terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 255 yaitu yang berbunyi sebagai berikut.

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Berikut adalah beberapa manfaat membaca ayat kursi:

  • Perlindungan dari gangguan syaitan

Ayat Kursi adalah ayat yang paling ampuh untuk melindungi diri dari gangguan syaitan. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca ayat kursi ketika hendak tidur, maka Allah akan menjaganya dari gangguan syaitan yang terkutuk hingga pagi hari.” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Dilindungi dari segala marabahaya
Baca Juga:  Ingin Doamu Terangkat ke Langit? Sisipkan Bacaan Shalawat di Dalamnya

Ayat Kursi juga dapat melindungi diri dari segala marabahaya, baik di dunia maupun di akhirat. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, maka tidak ada sesuatu pun yang menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasa’i)

  • Ditinggikan derajatnya

Membaca ayat kursi juga dapat meninggikan derajat seseorang di dunia dan di akhirat. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, maka Allah akan meninggikan derajatnya sebanyak 500 derajat.” (HR. At-Thabrani)

  • Mendapat rahmat dan ampunan Allah SWT

Membaca ayat kursi juga dapat mendatangkan rahmat dan ampunan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca ayat kursi sebanyak 100 kali setelah shalat Shubuh, maka Allah akan mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. At-Thabrani)

  • Dibukakan pintu rezeki

Membaca ayat kursi juga dapat membuka pintu rezeki. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca ayat kursi sebanyak 18 kali setelah shalat Subuh, maka Allah akan membukakan pintu rezeki untuknya dari segala penjuru.” (HR. At-Thabrani)

Selain manfaat-manfaat di atas, membaca ayat kursi juga dapat menentramkan hati, memperkuat iman, dan memudahkan kita dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membaca ayat kursi secara rutin, terutama setelah shalat wajib.

Berikut adalah beberapa waktu yang disunnahkan untuk membaca ayat kursi:

  • Setelah shalat wajib
  • Sebelum tidur
  • Ketika hendak bepergian
  • Ketika memasuki rumah
  • Ketika hendak tidur bersama pasangan
  • Ketika merasa ketakutan atau gelisah
Baca Juga:  Keistimewaan dan Pahala yang Kita Dapatkan di Bulan Rajab

Semoga kita semua dapat membiasakan diri membaca ayat kursi secara rutin dan mendapatkan manfaat dari membaca ayat kursi. [] Moh. Aminudin

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post