Kurangi mengeluh, do’a ini perlu kamu amalkan

Do'a Ketika Menghadapi Kesulitan
Gambar Ilustrasi Do'a Ketika Menghadapi Kesulitan (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Cobaan hidup yang kita alami merupakan suatu ujian dari Allah SWT, dan ujian yang Allah berikan sejatinya agar kita senantiasa bersabar dan selalu bersyukur dengan segala sesuatu yang kita alami.

Karena Allah tidak memberikan cobaan kepada suatu hamba melainkan sesuai dengan kemampuannya, dan Allah niscaya akan memberikan hikmah di balik setiap ujian yang kita hadapi.

Dan Allah juga sudah berjanji dalam suatu surat di dalam Al-Qur’an bahwa di balik setiap kesusahan pasti akan ada kemudahan bersamanya. Dari ayat ini kita dapat memetik pembelajaran bahwa Allah selalu memberikan jalan dan kemudahan bagi hamba-Nya.

Ketika menghadapi ujian maupun masalah yang berat, sebagai seorang muslim tentu kita harus senantiasa memanjatkan do`a dan berpegang teguh serta bertawakal kepada Allah,hati kita penuh keyakinan bahwa Allah pasti akan memberikan jalan keluar bagi setiap kesulitan.

Sehingga sifat mengeluh merupakan suatu hal yang tidak seharusnya kita lakukan, kita harus selalu yakin akan ketetapan Allah pasti selalu yang terbaik untuk kita. Daripada banyak mengeluh lebih baik kita memperbanyak waktu untuk berdo`a kepada Allah.

Dengan memperbanyak berdo`a kita akan merasa lebih tenang dan damai, dan membuat Allah Ridha kepada kita. Ada sebuah untaian do`a yang dapat kita rutinkan untuk dibaca untuk menghilangkan masalah. Berikut do`a yang dapat kita amalkan

Baca Juga:  4 Tingkatan Keadaan Manusia dalam Menghadapi Cobaan yang Perlu Kalian Ketahui!

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Artinya : “Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Agung lagi Lemah-Lembut, Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan Pemilik Arsy yang agung, Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan pemilik langit dan bumi, dan pemilik Arsy yang mulia.”

Dalam sebuah hadits juga dijelaskan bahwa,

Nabi Shallallahu`alaihi wasallam mengucapkan ketika dalam kesulitan,

َ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

(Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Agung lagi Lemah-Lembut, Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan Pemilik Arsy yang agung, Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan pemilik langit dan bumi, dan pemilik Arsy yang mulia).” (HR. Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Ibnu Abbas mengatakan, “Hadits ini agung. Dzikir yang ada dalam hadits di atas harus kita perbanyak mengucapkannya ketika dalam kesulitan, dan ketika menghadapi perkara-perkara yang besar.

Mengamalkan do`a diatas sangat dianjurkan dipanjatkan ketika waktu-waktu mustajab seperti di sepertiga malam atau pada sore hari di hari Jum`at , agar lebih cepat dikabulkan oleh Allah.

Baca Juga:  Simak Penjelasan Berikut Ini Terkait Adab dalam Berdoa!

Dengan berdo`a dan rutin mengamalkan do`a ini semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan untuk segala urusan kita di dunia dan juga di akhirat. [] Puan Sukowati

Related Posts

Latest Post