Peran Santri Dalam Dunia Modern Dengan Identitas Mereka Sebagai Pelajar Lokal Agamis

Santri dalam Dunia Modern
Gambar Ilustrasi Santri dalam Dunia Modern (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Bertepatan dengan tanggal 22 Oktober tahun 2023 adalah Hari Santri Nasional yang dirayakan oleh seluruh santri di Nusantara.

Hari santri adalah salah satu bukti bahwa santri menjadi salah satu elemen pelajar yang penting pada dunia pendidikan di Indonesia. Karena itu mereka memiliki keunggulan tersendiri sebagai pelajar di pondok pesantren.

Santri adalah pelajar yang hanya dapat kita temukan di Indonesia karena ciri khasnya. Apa itu? Perbedaan santri dengan pelajar pada umumnya adalah tempat tinggal mereka dan pelajaran apa saja yang mereka pelajari.

Yang pertama adalah tempat tinggal dimana mereka yang menjadi santri akan tinggal di asrama yang terpisah untuk putra dan putri. Lalu di asrama juga akan ada pengurus yang mengatur segala kegiatan santri dari bangun tidur sampai tidur kembali.

Lalu yang kedua adalah pelajaran yang mereka dapatkan selama menjadi santri. Mereka tidak hanya mempelajari pelajaran akademis dari sekolah umum saja. Tapi mereka juga mempelajari pelajaran agama yang lebih mendalam.

Contoh ilmu agama yang mereka pelajari seperti nahwu, shorof, fiqh, mantiq, falak, ushul fiqh, dsb. Mereka mempelajari pelajaran ini disesuaikan dengan waktu yang ditentukan oleh pondok. Para santri diharapkan selain menguasai pelajaran akademik juga menguasai pelajaran agama secara mendalam.

Karena itu jangan heran jika kegiatan yang dilakukan santri saat di pondok pesantren. Mereka dapat menghabiskan satu hari penuh hanya untuk belajar selain melakukan kegiatan yang lainnya. Baik itu belajar pelajaran sekolah maupun agama di pondok.

Baca Juga:  Gaya Hidup yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Santri

Tak heran jika mereka bisa disebut sebagai pelajar lokal yang agamis karena ilmu agama yang mereka pelajari sangatlah berharga. Peran santri sebagai pelajar juga sangat penting untuk masyarakat Indonesia.

Sebagai pelajar, santri tentunya harus mengamalkan apa yang selama ini mereka pelajari di pondok pesantren. Mereka juga menjadi tumpuan apakah generasi masa mendatang akan membawa kemajuan atau bahkan kemunduran.

Sebagai pelajar yang telah mengetahui ilmu agama tentunya akan lebih memperhatikan setiap sikap dan perbuatan mereka pada diri sendiri ataupun orang lain.

Mereka juga dapat memberikan contoh yang baik pada masyarakat mengenai suatu perbuatan maupun perilaku mereka pada kehidupan sehari – hari.

Hal ini pasti akan menjadi tantangan yang cukup berat bagi para santri. Namun hal itu tentunya dapat dihadapi jika mereka memiliki tekad yang kuat untuk melakukannya.

Karena itu kita sebagai santri haruslah mengambil peran dalam kehidupan masyarakat modern saat ini. Sehingga kita dapat menjaga diri sendiri bahkan masyarakat dari kehidupan modern yang semakin merusak diri seseorang jika tidak dijaga dengan baik. [] Idha Fitri Nuril Layliyah

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post