Kamu Harus Tahu! Inilah Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan

Puasa Senin Kamis
Gambar ilustrasi manfaat puasa senin kamis (Freepik.com - Almuhtada.org)

Almuhtada.org – Puasa Senin-Kamis merupakan salah satu ibadah sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. Sebagaimana puasa pada umumnya, puasa senin kamis memiliki ketentuan yang tidak jauh berbeda dengan puasa pada umumnya.

Dalam menjalankan ibadah puasa, tidak hanya nikmat pahala yang akan diperoleh, melainkan juga manfaat kesehatan bagi tubuh. Manfaat menjalankan puasa Senin Kamis bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menjaga kesehatan pada jantung

Puasa sunah senin kamis memiliki manfaat untuk menurunkan resiko penyumbatan arteri karena lemak yang biasa disebut aterosklerosis. Hal in dikarenakan, selama berpuasa lemak dalam tubuh akan digunakan untuk cadangan energi.

Dengan begitu hormon adrenalin dan non-adrenalin juga akan berkurang sehingga tubuh dapat menjaga metabolisme tetap stabil dan tekanan darah akan menurun.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa rutinitas puasa juga memiliki manfaat untuk menjada kesehatan. Puasa senin kamis dengan rutin dapat membantu untuk mengurangi kadar kolestrol jahat dan trigriserilda dalam tubuh.

  1. Mengeluarkan racun pada tubuh

Rutin berpuasa dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Hal ini dikarenakan saat sedang berpuasa seseorang akan berhenti makan dan minum untuk sementara waktu yang nantinya dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara efektif.

Racun dalam tubuh yang dapat dikeluarkan saat berpuasa merupakan racun yang bercampur dalam darah, lemak, atau bagian lainnya yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga:  Nilai-Nilai Penting Kurma dalam Islam Beserta Inovasinya

Racun dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui proses buang air, maupun melalui keringat. Dengan berpuasa, proses pengeluaran racun akan menjadi lebih lancar serta kadar racun dalam tubuh juga bisa lebih berkurang.

  1. Menurunkan kadar lemak dalam tubuh

Saat berpuasa, tubuh menggunakan lemak sebagai cadangan energi sehingga kadar lemak yang berlebih akan berkurang. Dengan berpuasa senin-mais secara rutin tentu hal ini dapat menurunkan kadar dalam lemak dalam tubuh.

  1. Organ pencernaan dapat beristirahat

Sistem pencernaan dalam tubuh membutuhkan energi yang cukup besar karena memiliki peran yang cukup penting. Pencernaan juga dapat mengalirkan energi yang dapat disalurkan dalam tubuh seperti perbaikan, penyembuhan, dan pemeliharaan umum.

Oleh karena itu, penting bagi sistem pencernaan untuk beristirahat agar selanjutnya dapat bekerja secara lebih maksimal. [] Khikmatul Laili

Editor: Mohammad Rizal Ardiansyah

Related Posts

Latest Post